Jakarta,Selular.ID- Meningkatnya aktifitas masyarakat di malam pergantian tahun ini tentu saja meningkatkan trafik telekomunikasi, terutama penggunaan komunikasi data. Hal ini tercermin dari peningkatan trafik telekomunikasi di jaringan Indosat Ooredoo yang mencapai puncaknya pada malam pergantian tahun 2019.

Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, menjelaskan, seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya, yang saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat, menjadi salah satu pendorong kenaikan trafik data.

BACA JUGA:
Menjawab Tantangan Transformasi Digital Indosat Gelar CXO Forum

“Trafik layanan data meningkat menjadi sebesar 6.730 TeraBytes, atau meningkat sebesar 11,4 persen dibandingkan dengan trafik reguler hari biasa, dan meningkat 71,7 persen dibanding trafik malam puncak tahun baru tahun sebelumnya,”

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

Kenaikan trafik telekomunikasi layanan data ini mencapai puncak
peningkatannya sekitar pukul 19:00 hingga 02:00 pada tanggal 1 Januari 2019 (dinihari).

BACA JUGA:
Siapkan Generasi Muda Hadapi 4.0, Indosat Ooredoo Hadirkan Laboratorium IoT

“Wilayah yang mengalami peningkatan trafik data ini khususnya di berbagai daerah yang menjadi tujuan utama wisatawan dalam merayakan tahun baru, seperti Alun-Alun Bandung, Tugu Yogya, Simpang Lima Semarang, Alun-alun Kidul Solo dan Pantai Losari Makassar,’ kata Turina.

Trafik layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 22,5% dibanding trafik reguler hari biasa. Namun untuk trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar 16,2% dibanding trafik reguler hari biasa.

BACA JUGA:
Pendapatan Indosat Tumbuh 11,7 Persen

Untuk kenaikan trafik Natal dan tahun baru, disebutkan Turina Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara dan SMS. Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.