Wednesday, July 17, 2019
Home News Kasus BMW.ID Kembali Memanas di Meja Hijau

Kasus BMW.ID Kembali Memanas di Meja Hijau

-

Jakarta, Selular.ID – Di tahun 2015 lalu terjadi kasus hak kepemilikan domain BMW.ID. Sengketa nama domain BMW.ID telah diputuskan dalam putusan perkara No. 271/Pdt.G/2018/PN.TNG.

Benny Muliawan selaku pemilik domain BMW.ID akan menempuh jalur hukum banding dalam perkara tersebut. Dalam perkara tersebut, Pengadilan Negeri Tanggerang menolak gugatan Benny Muliawan terhadap putusan PPND tahun 2015.

Di tahun yang sama, PANDI dengan PPND memutuskan bahwa nama domain BMW.ID milik Benny Muliawan dialihkan ke BMW AG. Kala itu, baik Benny maupun BMW AG telah menandatangani kesepakatan penyelesaian perselisihan oleh PPND dan tidak melalui jalur hukum.

Namun, selang 3 tahun keputusan tersebut, tepatnya tahun 2018, Benny kembali mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Tanggerang. Dalam gugatan terbarunya, putusan PPND dinilai salah karena PPND telah melakukan tindakan yang melawan hukum.

Pada tanggal 29 November 2018, Pengadilan Negeri Tanggerang mengabulkan eksepsi yang diajukan oleh PANDI. Eksepsi PANDI tersebut menyatakan bahwa proses gugatan tidak dapat dilanjutkan karena Benny Muliawan dan BMW AG telah setuju menyelesaikan perselisihan nama domain di luar pengadilan.

Terkait kelanjutan kasus gugatan tersebut Redaksi Selular.ID meminta tanggapan Andi Budimansyah, Ketua PANDI di bilangan Senayan, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

“Kerugian yang kami rasakan adalah kami menjadi sasaran gugatan pada kasus yang sebenarnya bukan tertuju pada kami. Kami sadar bahwa PANDI sebagai registri nama domain Indonesia harus siap melaksanakan amanat perundang-undangan,” tutur Andi.

Disampaikan Andi, PANDI juga menerima implikasi dari pihak-pihak yang belum memahami duduk perkara ini sepenuhnya.

“PANDI tidak melaksanakan sesuatu yang tidak memiliki dasar hukum yang kuat. Jadi kita berada di pihak yang benar,” terang Andi.

Diungkapkan Andi, saat ini kasus tersebut masih di bawah Pengadilan.

“Kepemilikan nama domain BMW.ID sudah dimiliki oleh BMW Jerman,” tutup Andi.

Latest