Jakarta, Selular.ID – Facebook meluncurkan tool open-source bertajuk Spectrum. Spectrum sendiri sebelumnya hanya digunakan secara terbatas di beberapa aplikasi buatan Facebook yang memiliki fitur upload foto.

Dikabarkan tool ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto berukuran besar, namun tak menghabiskan kuota. Facebook juga menjanjikan kualitas gambar yang baik.

Artinya, jika diunggah, foto yang diperkecil tersebut hanya membutuhkan bandwidth yang lebih sedikit dari biasanya, namun ketajaman gambar tetap terjaga

Seperti dikutip Uber Gizmo, karena bersifat open source, tool ini bisa didapatkan pengembang aplikasi secara gratis.

BACA JUGA:
Tahap Akhir, Fitur Dark Mode untuk Facebook Messenger Sedang Uji Coba Publik

Karena gratis, para pengembang aplikasi Android dan iOS bisa menggunakan tool ini untuk aplikasi mereka yang ada fitur unggahan gambar.

Cara kerja Spectrum sendiri terbilang cukup sederhana. Lewat teknologi kompresi Mozilla JPEG, Spectrum dapat mengurangi ukuran file gambar sebesar 15 persen dari ukuran aslinya.

Spectrum juga bisa mengoptimalkan foto yang diperkecil ukuran filenya tadi, agar kualitas dan ketajaman foto tidak berkurang.

BACA JUGA:
Alasan Apple Blokir Aplikasi Internal Facebook di iOS

Facebook pun berharap, peluncuran Spectrum menjadi tool open-source ini dapat memudahkan para pengembang sekaligus pengguna, terlebih dalam aspek unggah foto dengan file size atau resolusi yang besar.

Untuk saat ini, tool besutan Facebook ini sudah tersedia di situs open-source project, Github, dan bisa digunakan oleh para pengembang aplikasi mobile.

Facebook.sepertinya menyadari kecemasaan penggunanya jika mengupload foto HD, atau menggunakan Facebook yang jaringan internetnya lambat.

Pasalnya, Facebook sudah menghadirkan Facebook Lite, yakni aplikasi versi ringan yang dirancang Facebook untuk negara-negara berkembang.

BACA JUGA:
Facebook Messenger Miliki Fitur AR dan Boomerang

Namun kini sudah tersedia hampir merata secara global. Tahun ini saja, Facebook Lite akhirnya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat, Inggris, dan negara maju lainnya.

Sebagai versi “enteng”, Facebook Lite mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil daripada versi non-Lite (hanya 5MB di iOS), dan juga mengonsumsi daya lebih hemat dan akses data (kuota) yang jauh lebih irit.