Beranda Apps Facebook Gratiskan Upload Foto HD?

Facebook Gratiskan Upload Foto HD?

-

Jakarta, Selular.ID – Facebook meluncurkan tool open-source bertajuk Spectrum. Spectrum sendiri sebelumnya hanya digunakan secara terbatas di beberapa aplikasi buatan Facebook yang memiliki fitur upload foto.

Dikabarkan tool ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto berukuran besar, namun tak menghabiskan kuota. Facebook juga menjanjikan kualitas gambar yang baik.

Artinya, jika diunggah, foto yang diperkecil tersebut hanya membutuhkan bandwidth yang lebih sedikit dari biasanya, namun ketajaman gambar tetap terjaga

Seperti dikutip Uber Gizmo, karena bersifat open source, tool ini bisa didapatkan pengembang aplikasi secara gratis.

Karena gratis, para pengembang aplikasi Android dan iOS bisa menggunakan tool ini untuk aplikasi mereka yang ada fitur unggahan gambar.

Cara kerja Spectrum sendiri terbilang cukup sederhana. Lewat teknologi kompresi Mozilla JPEG, Spectrum dapat mengurangi ukuran file gambar sebesar 15 persen dari ukuran aslinya.

Spectrum juga bisa mengoptimalkan foto yang diperkecil ukuran filenya tadi, agar kualitas dan ketajaman foto tidak berkurang.

Facebook pun berharap, peluncuran Spectrum menjadi tool open-source ini dapat memudahkan para pengembang sekaligus pengguna, terlebih dalam aspek unggah foto dengan file size atau resolusi yang besar.

Untuk saat ini, tool besutan Facebook ini sudah tersedia di situs open-source project, Github, dan bisa digunakan oleh para pengembang aplikasi mobile.

Facebook.sepertinya menyadari kecemasaan penggunanya jika mengupload foto HD, atau menggunakan Facebook yang jaringan internetnya lambat.

Pasalnya, Facebook sudah menghadirkan Facebook Lite, yakni aplikasi versi ringan yang dirancang Facebook untuk negara-negara berkembang.

Namun kini sudah tersedia hampir merata secara global. Tahun ini saja, Facebook Lite akhirnya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat, Inggris, dan negara maju lainnya.

Sebagai versi “enteng”, Facebook Lite mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil daripada versi non-Lite (hanya 5MB di iOS), dan juga mengonsumsi daya lebih hemat dan akses data (kuota) yang jauh lebih irit.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait