Wednesday, August 21, 2019
Home News Diam-Diam, Nokia 5.1 Plus Mendarat di Indonesia November 2018

Diam-Diam, Nokia 5.1 Plus Mendarat di Indonesia November 2018

-

Jakarta, Selular.ID – Bulan November 2018 lalu, Nokia secara diam-diam merilis smartphone barunya yakni 5.1 Plus. Sebelumnya, Nokia 5.1 Plus sudah bisa di pre-order sejak akhir Oktober hinggal 5 November 2018. Pre-order Nokia 5.1 Plus hanya bisa dipesan melalui situs e-commerce Blibli.com.

Setelah masa pre-order, Nokia tersedia di pasar Indonesia sejak November 2018 dengan harga Rp Rp2.599.000.

Nokia 5.1 Plus sendiri merupakan penerus dari Nokia 6.1 Plus yang diluncurkan di Jakarta, September 2018 lalu. Tak seperti pendahulunya yang diluncurkan secara resmi di Indonesia dalam sebuah acara launching. Kini HMD Global tidak menggelar acra peluncuran Nokia 5.1 Plus. Apa alasannya ?

Terkait peluncuran Nokia 5.1 Plus ini Redaksi Selular.ID meminta tanggapan dari Juha Werkkala, Product Manager, HMD Global dan Nicholas Lim, Head of Communications, APAC, HMD Global di bilangan SCBD, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

(Kiri-kanan: Nicholas Lim, Head of Communications, APAC, HMD Global dan Juha Werkkala, Product Manager, HMD Global)
(Kiri-kanan: Nicholas Lim, Head of Communications, APAC, HMD Global dan Juha Werkkala, Product Manager, HMD Global) (Donnie/Selular.ID)

“Kami tidak mengadakan acara launching di Indonesia karena kami ingin lebih dekat dengan media dan komunitas. Supaya mereka bisa berinteraksi langsung dengan tanya jawab kepada kami. Kami mengadakan acara kecil saja. Kalau acara besar pasti ramai, tidak bisa ngobrol,” tutur Nicho.

Dikatakan Nicho, Nokia telah membentuk sebuah komunitas di Bandung bernama Nokia Forum pada akhir November 2018 lalu.

“Masyarakat bisa daftar di Nokia Forum melalui situs resminya untuk jadi anggota komunitas. Kedepannya HMD Global akan mengadakan acara untuk komunitas dan media sebagai pengganti acara launching,” tandas Nicho.

Apakah ketiadaan acara launching ini disebabkan kurangnya respon masyarakat terhadap smartphone Nokia yang mengakibatkan penjualan menurun. Nicho menegaskan bahwa respon masyarakat global, termasuk Indonesia akan produk Nokia cukup baik hingga saat ini.

Sayangnya Nicho tidak membeberkan lebih lanjut mengenai bisnis Nokia. Karena dirasakan Nicho dirinya tidak tepat untuk menyampaikan mengenai bisnis Nokia.

Hal serupa juga disampaikan Juha. Menurutnya, Nokia Forum didominasi kaum milenial. Sebab Nokia 5.1 Plus lebih menyasar segmen menengah dan generasi milenial.

“Nokia 5.1 Plus ditujukan untuk milenial yang suka selfie, fotografi dan bermain game. Desainnya kita buat lebih nyaman sehingga cocok untuk bermain game. Dengan harga terjangkau, Nokia 5.1 Plus ramah di kantong generasi milenial,” imbuh Juha.

Urusan foto dan video, Nokia 5.1 Plus disematkan kamera utama ganda beresolusi 13 MP dan 5MP. Kamera selfienya beresolusi 8MP. Baik kamera utama maupun selfie sudah didukung teknologi AI.

Nokia 5.1 Plus dibekali layar 5,8 inci dengan resolusi HD+ dan rasio 19:9. Dapur pacunya, ditopang chipset Mediatek Helio P60 dengan prosesor octa-core berkecepatan 1,8 GHz, RAM 3GB, ROM 32GB serta slot kartu MicroSD mencapai 400GB.

Nokia 5.1 Plus berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie murni (Pure Android). Dayanya disokong baterai berkapasitas 3060mAh.

Selain harga dan spesifikasi, dikatakan Juha, build quality yang selama ini diusung Nokia, menjadi nilai plus bagi masyarakat.

Latest