Jakarta, Selular.ID – Di kancah perusahaan teknologi dunia, tahun 2018 didominasi pertempuran antara Apple dan Amazon. Keduanya bertarung untuk menjadi perusahaan publik pertama di AS yang bernilai satu triliun dolar.

Kendati Apple memimpin, menjadi perusahaan pertukaran-perdagangan paling bernilai di dunia, beberapa analis memperkirakan pergerakan Amazon sebesar 300% dari posisi bawah pada 2016, dipercaya akan membawa pelopor perangkat speaker pintar akan mencapai puncak terlebih dahulu.

BACA JUGA:
Microsoft Siapkan Peramban Pegganti Edge

Tetapi pada 2 Agustus, hanya beberapa hari setelah Apple melaporkan kuartal ketiga fiskal yang kuat, saham perusahaan akhirnya mencapai kapitalisasi pasar sebesar $1 triliun. Hampir tepat sebulan kemudian, Amazon juga bernilai $1 triliun.

Namun sejak itu, saham kedua perusahaan terpuruk. Dari posisi puncak, saham Apple turun sebesar 32%. Saat perdagangan berakhir tahun ini, Apple dihargai $748,5 miliar.

BACA JUGA:
Apple Turunkan Target Penjualan di Q1 2019

Sejak titik puncaknya, saham Amazon juga turun 27% dan perusahaan itu sekarang bernilai $734 miliar.

Jadi perusahaan teknologi mana yang mengakhiri 2018 sebagai perusahaan publik yang paling bernilai di dunia? Itu adalah Microsoft.

Dilansir dari PhoneArena (31/12/2018), saham raksasa perangkat lunak itu pada akhir 2018 bernilai $780 miliar. Tahun ini perusahaan meluncurkan tablet Surface Go, dan tablet Surface Pro 6.

BACA JUGA:
Apple Rilis Alat Pelacak Aktivitas Tidur Beddit 3.5 Sleep

Kendati rehat dari keikutsertaannya dalam industri smartphone saat ini, Microsoft muncul entah dari mana mengungguli Apple dan Amazon.