Jakarta, Selular.ID –Mendeteksi dan menyaring pesan pada aplikasi pesan singkat seperti Android message adalah penting, pasalnya hal tersebut berkaitan dengan kenyamanan penggunanya.

Android Message pun mulai menggulirkan fitur perlindungan otomatis. Fitur ini bertugas menganalisis pesan masuk untuk mendeteksi dan menyaring spam. Lengkapnya, pesan akan memungkinkan pengguna untuk memblokir dan melaporkan pengirim spam, serta tag mana yang diduga pesan spam sebenarnya dan mana yang bukan.

BACA JUGA:
Khawatir Disalahgunakan, Google Tunda Jual Teknologi Facial Unlock

Diberitakan Phone Arena, mengingat meningkatnya jumlah pesan teks spam, fitur ini dinilai sejumlah pihak akan berguna bagi penggunanya.

Namun, agar pesan dapat mengidentifikasi spammer, Google akan sementara waktu menyimpan nomor telepon orang yang mengirim dan menerima pesan dengan pengguna. Laporan spam, sementara itu, mungkin termasuk 10 pesan terakhir dari spammer, tetapi tidak ada balasan oleh pengguna.

BACA JUGA:
Permudah Mencari Tautan, Google Hadirkan Fitur Your Related Activity

Google juga menjelaskan bahwa jika pengguna memilih untuk melaporkan pesan spam, maka konten pesan akan dikirimkan kepada Google.

Fitur ini digulirkan melalui update dari server, dan pengguna penerima update akan diberitahukan terkait kehadiran fitur via notifikasi pop-up di aplikasi Android Messages. Pengguna juga dapat menonaktifkan fitur yang secara default aktif setelah terpasang ini.

BACA JUGA:
Ada Bug di Google+, Akibatnya 52 Juta Data Bocor

Pengguna dapat menonaktifkan fitur ini dengan mengetuk ikon tiga titik pada aplikasi Messages, dan kemudian pilih tab Advanced. Pada tab tersebut, pengguna akan menemukan tuas Spam Protection. Namun sayangnya, fitur tersebut masih terbatas dan belum semua pengguna Android mendapatkan akses.