Jakarta, Selular.ID – Fast charging atau pengisian cepat kian lumrah ditemukan di smartphone keluaran terbaru. Dengan teknologi itu, pengguna bisa mengisi baterai smartphone lebih cepat dari sebelumnya.

Seberapa cepat smartphone Anda terisi menggunakan metode fast charging? Kali ini Selular akan melakukan pengujian fast charging pada tiga smartphone premium.

Adapun tiga smartphone yang kami uji kali ini adalah Oppo Find X, Huawei P20 Pro, dan Samsung Galaxy S9.

Mengusung istilah pengisian cepat, seberapa cepat mereka akan terisi? Nah, kami akan menguji seberapa banyak baterai tiga smartphone ini akan terisi saat di-charge selama 30 menit.

Klaim

Berbekal baterai kapasitas 3.730mAh, Oppo Find X mendukung teknologi VOOC Flash Charge yang menurut klaim perusahaan bisa mengisi baterai 50 persen dalam 30 menit.

Huawei P20 Pro mempunyai baterai paling besar yakni 4.000mAh. Dengan teknologi bernama Super Charge 2.0, perusahaan mengklaim perangkat akan terisi 50 persen dalam 30 menit.

BACA JUGA:
Huawei P20 Pro Terima Update EMUI 9

Terakhir, Samsung Galaxy S9 dibekali baterai dengan kapasitas terkecil yakni hanya Li-Ion 3.000mAh. Kendati kecil, Samsung menyematkan teknologi pengisian cepat bernama Adaptive Fast Charging.

Catatan Awal

Sebelum memulai pengujian, kami menguras baterai ketiganya hingga 0 agar bisa mendapatkan pengukuran yang lebih berimbang.

Namun, guna menjaga masa pakai baterai lebih awet, sebaiknya jangan menunggu low-bat untuk mulai men-charge smartphone (minimal 5 persen). Serta, sebaiknya hentikan charging ketika baterai sudah mencapai 90 persen.

Pengujian Charge

Port charger ketiganya adalah tipe USB-C. Berbekal kabel dan charger bawaan asli dari box masing-masing, kami mencolokkan mereka ke stop kontak paralel.

Berikut hasil pengujian Oppo Find X, Huawei P20 Pro, dan Samsung Galaxy S9 dari kondisi 0 persen.

Smartphone Kapasitas baterai 10 menit 20 menit 30 menit
Oppo Find X 3730 18% 40% 54%
Huawei P20 Pro 4000 16% 38% 46%
Samsung Galaxy S9 3000 12% 30% 38%
BACA JUGA:
Ini Sang Juara Huawei ICT Competition 2018

Sesuai klaim perusahaan, Oppo Find X bisa terisi setengah penuh dalam setengah jam charge. Mengalahkan Huawei P20 Pro dan Samsung Galaxy S9.

Oppo Find X lebih cepat terisi dalam durasi charge 30 menit, yakni 54 persen, sementara Huawei P20 Pro terisi 46 persen dan Samsung Galaxy S9 hanya 38 persen.

Dengan begitu Anda bisa men-charge smartphone ketika bangun tidur dan bersiap untuk beraktivitas, daripada meninggalkannya tersambung ke stop kontak semalaman.

Menguji ketahanan baterai saat bermain game

Setelah baterai terisi penuh, kami menggunakan ketiga smartphone untuk bermain game. Dalam ujicoba memainkan game sarat-grafis, baterai siapa yang lebih boros?

Berikut hasil bermain game PUBG Mobile selama satu jam penuh.

Smartphone Kapasitas baterai Sisa baterai setelah bermain game PUBG Mobile selama 1 jam
Oppo Find X 3730 74%
Huawei P20 Pro 4000 74%
Samsung Galaxy S9 3000 60%
BACA JUGA:
Huawei Siap Penuhi Janji Bawa Mate 20 Series ke Indonesia

Dari kondisi awal 100 persen, baterai Oppo Find X dan Huawei P20 Pro sama-sama tersisa 74 persen, sementara Samsung Galaxy S9 tinggal 60 persen.

Dengan begitu diketahui Samsung Galaxy S9 boros untuk bermain game. Namun perlu dicatat, dari ketiganya, suhu perangkat P20 Pro terasa lebih panas saat bermain game dibandingkan Oppo Find X dan Samsung Galaxy S9.



Keputusan

Dari hasil pengujian fast charging dan gaming Selular.ID pada tiga smartphone Oppo Find X, Huawei P20 Pro, dan Samsung Galaxy S9, diketahui Oppo Find X lebih unggul.

Jika ketahanan baterai menjadi penentu utama Anda membeli smartphone premium, Oppo Find X adalah pilihan yang tepat, karena lebih cepat terisi saat charging dan hemat untuk bermain game.