Jakarta, Selular.ID – Lagi-lagi data pengguna Facebook kembali bocor. Kali ini foto pengguna Facebook dari 6,8 juta akun mengalami kebocoran. Dikutip dari GSMArena, kebocoran foto pengguna disebabkan bug di Facebook.

Bug tersebut membuat pengguna Facebook secara tidak sadar memberikan data mereka kepada aplikasi pihak ketiga. Sehingga aplikasi pihak ketiga memiliki izin untuk mengambil data pengguna Facebook termasuk foto.

Sebelumnya Facebook mengalami masalah bug serupa. Namun bug tersebut berhasil diatasi. Bug tersebut memiliki akses ke beberapa aplikasi dalam jangka waktu 12 hari mulai dari 13 September hingga 25 September lalu.

BACA JUGA:
Facebook Uji Coba Tampilan Antarmuka Barunya

Kali ini bug memberi akses ke 876 developer hingga 1.500 akses aplikasi ke foto dari 6,8 juta pengguna. Biasanya akses ini hanya dapat melihat foto orang yang dishare pada timeline mereka.

Tapi pada periode tersebut mereka juga dapat mengakses gambar lainnya, seperti yang dibagikan pada Marketplace atau Facebook Stories, serta foto yang diunggah ke Facebook namun tidak diposting di timeline.

BACA JUGA:
5 Juta Pengguna Internet Sirna Akibat Pajak Media Sosial

Aplikasi pihak ketiga tersebut tidak dapat mengambil foto pengguna tanpa seizin Facebook. Aplikasi pihak ketiga hanya bisa melihat foto pengguna saja. Jika ingin mengambil foto pengguna Facebook, aplikasi pihak ketiga harus mendapat ijin dari pemilik akun.

Atas insiden ini, Facebook meminta maaf kepada semua penggunanya. Pekan depan Facebook akan meluncurkan tools untuk developer aplikasi yang akan memungkinkan mereka untuk menentukan orang yang menggunakan aplikasi mereka. Facebook akan bekerjasama dengan developer tersebut untuk menghapus foto yang telah diambil developer tersebut.

BACA JUGA:
Halaman Saracen Abu Janda Dihapus Facebook

Tools tersebut akan memberitahu Anda jika akun Anda dihinggapi bug ini. Facebook juga menyarankan Anda untuk masuk ke aplikasi apa pun yang telah Anda bagikan foto. Tujuannya untuk memeriksa gambar mana yang dapat diakses pengguna.