Jakarta, Selular.ID – Tahun 2014 lalu, Facebook telah mengakuisisi WhatsApp. Akuisisi ini memungkinkan layanan WhatsApp terintegrasi dengan Facebook.

Selain itu, WhatsApp membagikan informasi nomor telepon penggunanya kepada Facebook. Ini memungkinkan layanan jejaring sosial asal Amerika Serikat itu untuk melakukan beragam aktifitas seperti merekam, melacak, hingga mencatat data metrik kebiasaan pengguna.

Dikutip dari Lifehack, pencatatan data metrik tersebut biasanya akan dimanfaatkan oleh Facebook untuk bisa menayangkan iklan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Disamping itu, pencatatan data metrik tersebut dapat menghubungkan pengguna dengan layanan bisnis yang diperlukan, juga merupakan langkah tepat untuk mengatasi spam. Ini menunjukan bahwa WhatsApp akan segera menayangkan iklan.

BACA JUGA:
Buat Tahun Baru Makin Asik, Lakukan 4 Hal Ini di Smartphonemu

Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir, perubahan ini hanya bisa dijalankan tentunya dengan persetujuan Anda. Jika Anda mendapati layar smartphone yang menampilkan keterangan tersebut, sebaiknya hindari hal tersebut dengan langsung menekan tulisan Agree.

Anda bisa mencoba Read More untuk menemukan pernyataan lebih lanjut tentang perubahan ini, dan hilangkan tanda centang dari kotak untuk menyatakan bahwa Anda tidak bersedia untuk memberikan informasi metrik dari nomor telepon Anda. Namun, jika Anda yang terlanjur menekan tombol Agree, Anda masih bisa mengubahnya dengan cara berikut ini:

BACA JUGA:
WhatsApp Andalkan QR Code Untuk Tambah Teman

1. Pertama, akses ikon 3 titik di pojok kanan atas.
2. Pilih Settings
3. Lalu pilih Account
4. Kemudian cari opsi Share My Account Info di kolom paling bawah, kemudian hilangkan tanda centang.

WhatsApp mengatakan bahwa, penggunanya memiliki waktu selama 30 hari untuk memutuskan apakah mereka ingin memberikan informasi pribadi dari nomor telepon ke Facebook atau tidak. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam merahasiakan nomor telepon Anda di WhatsApp.