Jakarta, Selular.ID – Twitter sepertinya mulai menunjukan kepedulian tehadap kenyamanan penggunanya. Setelah dikabarkan akan menyingkirikan tombol suka berbentuk hati, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas perdebatan di platform media sosial.

Kini, Twitter akan merilis sebuah fitur baru untuk pengguna. Fitur ini memungkinkan para pengguna Twitter untuk melaporkan akun yang terindikasi sebagai bot atau akun palsu.  Fitur laporan ini akan membantu pihak Twitter untuk mendapat informasi lebih detail dan kemudian menghapus akun tersebut.

BACA JUGA:
Ini Cara Twitter Mengurangi Konten Negatif

Dengan demikian para pengguna Twitter juga bisa bahu membahu untuk menciptakan linimasa yang lebih kondusif.

Dilansir Mashable, cara untuk melaporkan akun palsu ini cukup mudah. Dijelaskan Twitter, pengguna tinggal menekan tombol panah pada pojok kanan atas kicauan akun yang bersangkutan. Kemudian pilih “report tweet”. Setelah itu, pilih opsi “Suspicious or spam” pada opsi tersebut.

Berikutnya akan muncul beberapa pilihan alasan yang bisa dipilih, termasuk indikasi akun palsu. Untuk melaporkan akun palsu, pilih alasan “The account Twitter.

BACA JUGA:
Waspada, Hacker Bisa Bobol Akun Twitter dari Nomor Telepon

Andalkan Flashdisk U2F

Cara menangkal akun palsu, sebenarnya bukanlah kali pertama dilakukan Twitter. Pasalnya, pada Juni lalu Twitter sudah mengenalkan Flashdisk U2F.

Twitter mengenalkan kunci mungil seukuran flashdisk (USB) yang bisa digunakan untuk mengunci akun Twitter pengguna. Untuk melindungi penggunanya dari aktivitas phishing atau penipuan memakai situs Twitter palsu.

Dengan memanfaatkan kunci universal two factor (U2F) memungkinkan Twitter jadi lebih aman dan tidak mudah ditembus oleh hacker atau peretas, seperti ditulis dalam blognya.
Kabarnya, U2F yang hanya bisa bekerja jika disambungkan pada halaman Twitter asli, dan tidak bisa dipakai pada situs palsu yang biasanya digunakan pelaku phishing.

BACA JUGA:
Kominfo Dapat Laporan Konten Negatif Terbanyak dari Twitter

Tingkat keamanan perangkat ini lebih tinggi dibandingkan pengamanan menggunakan kode yang dikirim melalui SMS.Untuk menggunakannya, Twitter hanya perlu mendaftarkan nomor telepon.

Pasalnya, pengguna yang memakai kunci U2F ini perlu membawanya dan benar-benar menekan tombol di perangkan tersebut agar bisa masuk ke akun Twitter.