Instamarket launch

Jakarta, Selular.ID – Instagram kembali menggelar InstaMarket sebagai wadah para pelaku usaha. Kegiatan ini memungkinkan pelaku usaha bisa belajar, bertukar kisah sukses dan berbagi inspirasi.

Pada InstaMarket kedua ini, Instagram bekerjasama dengan Gojek. Sejauh ini Gojek rutin menggelar Gofood Festival untuk menghadirkan 10 bisnis dari Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta yang telah meraih sukses di Instagram. Misalnya @lunahabit, @jummakids, @by__djo, @lemarilila, @mensrepublicid, @callathelabel, @thebathbox, @nood.cosmetics, @kandurastudio, dan @tigahhome. Dimana mereka akan memajang kiat sukses berbisnis di Instagram kepada para pengunjung.

Instamarket

Selain itu, InstaMarket juga membuka 8 kelas pelatihan untuk 500 mitra Gofood dan meja konsultasi Instagram Help Desk gratis bagi pengunjung yang membutuhkan diskusi tatap muka perihal akun bisnis mereka.

BACA JUGA:
Gojek LGBT dan #uninstallgojek Jadi Trending Topik di Google

“Indonesia merupakan 1 dari 5 negara dengan jumlah akun bisnis terbanyak di dunia. Dengan begitu, peluang bisnis bagi para pengguna kami di Indonesia besar bagi pengguna kami cukup besar. Mereka bisa memasarkan produk meeka dan menemukan calon pembeli baik dari dalam maupun luar negeri melalui Instagram. Melalui InstaMarket, kami berharap bisa membantu memberdayakan pelaku usaha di Indonesia lewat fitur Instagram serta memberi wadah untuk mereka bisa berinteraksi secara langsung,” ujar Mike Bronfin, Product Marketing Manager, Instagram Business Platform melalui keterangan resminya.

Secara global, tercatat lebih dari 25 juta akun bisnis di Instagram yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Indonesia menempati posisi lima besar negara dengan jumlah akun bisnis terbanyak di dunia, selain Amerika Serikat, Brazil, Rusia, dan Inggris.

BACA JUGA:
Instagram Gulirkan Fitur Notifikasi untuk Versi Website dan Lite

Bulan Agustus lalu, Instagram dan IPSOS melakukan survey terhadap 3.000 pengguna Instagram dan 500 UMKM dari seluruh Indonesia. Survey tersebut mengungkapkan bahwa 87% dari bisnis yang terlibat dalam studi berhasil meningkatkan penjualan di Instagram. Sekitar 82% dari mereka menerima pesan langsung (DM) dari pelanggan di Instagram setiap hari.

“Kami menyambut positif inisiatif Instagram melalui InstaMarket. Ini sejalan dengan misi Gojek melalui Gofood yaitu membantu para pelaku UMKM meningkatkan skala bisnis mereka dan memberikan dampak ekonomi yang lebih luas lagi bagi Indonesia. Untuk itu, kami juga mengikutsertakan para mitra merchant Gofood Festival untuk berpartisipasi dalam rangkaian workshop sebagai bagian dari InstaMarket demi meningkatkan skala bisnis,” papar Casandra Aprilanda, VP Sales & Marketing Gofood Festival.

BACA JUGA:
Rudiantara Enggan Tanggapi Gojek Dukung LGBT

Dikatakan Casandra, selain menjadi alternatif wisata kuliner satu tempat serba nikmat, area Gofood Festival juga dapat dimanfaatkan oleh komunitas sebagai wadah berkreasi.

“Gofood Festival merupakan tempat yang cocok untuk berbagai acara. Karena Gofood Festival mempunyai keunggulan dari sisi tempat yang luas, lokasi strategis, variasi pilihan makanan, desain yang Instagrammable dan yang pasti juga mudah bayarnya dengan menggunakan Gopay. Seperti halnya InstaMarket yang mengusung format pop-up market,” tandas Casandra.

BACA JUGA:
Instagram Hadirkan Aplikasi Otentikasi Dua Faktor Untuk Cegah Akun Palsu

InstaMarket berlangsung selama akhir pekan ini dari tanggal 8 hingga 11 November 2018 di Gofood Festival, Gelora Bung Karno, Jakarta. Selain bisa melihat produk esklusif dari 10 bisnis favorit Instagram, ada beragam kios makanan dari mitra Gofood Festival untuk dicoba bersama kerabat dan keluarga. Tak hanya itu, Anda bisa melakukan konsultasi perihal akun bisnis Anda di Instagram Help Desk setiap hari dari pukul 12:00 siang hingga 18:00 WIB.