Jakarta, Selular.ID – Faktor keselematan pengemudi dan driver disebut-sebut menjadi hal yang diperhatikan Grab di 2019.

Untuk itu Grab mengenalkan penambahan fitur  Roadmap Teknologi keselamatan yang terdiri dari sejumlah pengembangan yang ditujukan untuk meningkatkan standar keselamatan di industri transportasi.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia menjelaskan, meskipun akan fokus dikenalkan tahun depan, namun beberapa fitur sudah dikenalkan. Ridzki menyebutkan, seperti GrabChat, tombol darurat penumpang, dan Grab Share bagi penumpang sudah mulai berjalan tahun ini.

BACA JUGA:
Yuk Tukar Poin Grab untuk Bantu Banten dan Lampung Bangkit Kembali

“Namun seperti (Share My Ride), uji coba penyamaran nomor telepon (number masking), pengemudi dan penunpang, serya pemeriksaan latar belakang verifikasi mitra pengemudi secara ketat, fokus dikenalkan tahun depan, juga validasi penumpang, selfie outhentiation mitra pengemudi,”ujar Ridzki di Jakarta (29/11/18).

Menurut Ridzki , meskipun Grab terus tumbuh, keamanan tetap menjadi prioritas utama.

BACA JUGA:
Kemenhub Segera Berlakukan Tarif Batas Bawah dan Atas Taksi Online

Tidak hanya itu, selain fitur diatas Ridzki menuturkan, akan ada terobosan teknologi seperti kamera keselamatan dalam mobil melalui kerja sama dengan JVCKENWOOD dan laporan telematika bagi mitra pengemudi untuk mempelajari pola mengemudi.

Dikatakan Ridzki, Grab juga menjalin kerja sama dengan sejumlah lembaga pemerintah di seluruh Asia Tenggara untuk mengembangkan inisiatif-inisiatif lokal dan spesifik, yang menjawab tantangan keselamatan utama di kawasan ini.

Asia Tenggara menyumbangkan 25% dari tingkat kematian global karena kecelakaan lalu lintas, dimana kolaborasi sektor publik dan swasta dapat membawa dampak perubahan yang lebih besar karena melibatkan lebih banyak orang.

BACA JUGA:
SoftBank Kucurkan Dana ke Grab Senilai Rp 21,8 Triliun

Sementara Yusuf, Komisaris Besar Kepolisian Dirlantas Polda Metro Jaya menambahkan, bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Grab dalam pelatihan berkendara aman (safety riding training) dan sosialisasi kepada para mitra terkait keselamtan berlalu lintas.