Jakarta, Selular.ID – Gboard kembali mendapat fitur baru. Aplikasi besutan Google ini akan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk merekomendasikan GIF, emoji, dan stiker saat pengguna sedang chatting.

Dilaporkan The Verge, ketika pengguna mengetikan kata atau kalimat, ikon “GIF” akan muncul menggantikan logo Google di pojok kiri atas. Kemudian ketuk ikon tersebut untuk membuka rekomendasi dari AI Google yang disesuaikan dengan konteks kata yang diketik pengguna.

BACA JUGA:
Google Akuisisi Teknologi Fossil, Untuk Jam Pintarnya

Untuk menghadirkan emoji mengantuk, pengguna cukup menulis saya mengantuk,.misalnya, dan kalimat-kalimat lainnya untuk memunculkan stiker lainnya.

Dengan fitur.baru ini disebutkan bisa mempersingkat waktu  memberikan rekomendasi emoji, stiker, data GIF untuk dibubuhkan. Google menyebut bahwa semua proses dilakukan secara pribadi tanpa menggunakan bantuan pihak ketiga.

Rumor tentang fitur ini sebenarnya sudah lama beredar. September lalu, Google sempat disebut tengah menyiapkan cara untuk membuat percakapan pesan lebih baik dengan membuat rekomendasi GIF dan emoji lebih cepat pada Gboard.

BACA JUGA:
Google Rilis Chrome Canvas, Ini Fungsinya

Sayangnya, fitur ini baru disebar untuk pengguna yang memasang input bahasa Inggris di perangkat Android miliknya. Google berjanji akan menambahkan beberapa bahasa yang bisa menyesuaikan dengan fitur ini.

Dalam pengumumannya, Google tidak menyebut apakah fitur ini akan meluncur juga di perangkat iOS.