Jakarta, Selular.ID – Keamanan menjadi faktor penting dalam perangkat mobile, untuk itulah beberapa brand menyematkan teknologi untuk mendukung kemanan. Seperti yang dilakukan Apple, brand Asal Cupertino, California, Amerika ini membenamkan prosesor khusus keamanan terbaru yang bernama T2.

Seperti dilaporkan Mac Rumors, sebenarnya,T2 chip ini sudah diluncurkan Apple pada akhir 2017 lalu bersamaan dengan diluncurkannya iMac Pro. Kini Prosesor ini bisa kita temui di MacBook Air terbaru dan juga Mac Mini terbaru.

BACA JUGA:
China Gugat Apple Akibat Pencurian Data

T2 disematkan di MacBook Pro yang diproduksi pada 2018 yang bisa membuat pengguna bisa mengandalkan perintah suara tanpa memencet tombol. Salah satu keunggulan T2, dokumen keamanan yang dipublikasikan Apple adalah soal mikrofon yang merupakan sasaran empuk hacker. Disebut, T2 bisa membuat mikrofon disconnect jika MacBook dalam keadaan ditutup.

BACA JUGA:
Penjualan iPhone Melambat, Apple 'Bajak' Eksekutif Nokia

Artinya, T2 memberi perangkat Apple tersebut sebuah tempat untuk menyimpan data biometrik seperti sidik jari, dan melindunginya dengan enkripsi dan dekripsi.
Pengguna juga diberi akses kunci untuk melakukan booting dan berbagai tugas keamanan lainnya. Diskoneksinya mikrofon ini diimplementasikan hanya di sisi hardware saja.

BACA JUGA:
Apple Memimpin Pasar Earphone

Hal tersebut akan mencegah software apapun, bahkan dengan hak akses root atau kernel di macOS, software pada T2 itu sendiri, untuk melibatkan mikrofon ketika MacBook benar-benar ditutup. Sehingga, penyadapan mikrofon tak akan pernah terjadi.

BACA JUGA:
Apple Tingkatkan IP67 menjadi IP68 pada iPhone 2019

Dari sisi kamera depan, T2 tidak melindunginya, karena jika MacBook dalam keadaan tertutup, bidang pandang pun tertutup. Mac sendiri memang bukan perangkat yang anti-retas. Deretan ancaman keamanan sudah terdokumentasi siap merusak Mac. Diharapkan, T2 bisa jadi solusi untuk melindungi Mac dari dari hacker dan Malware berbahaya lainnya.