Jakarta, Selular.ID – Internet of Things (IoT) semakin akrab di bumi Indonesia. Dalam upaya mengembangkan layanan IoT, operator telekomunikasi XL Axiata mendukung penyelenggaraan ajang kompetisi IoT terbesar “Republic of IOT 2018” (RIoT) di Jakarta, akhir pekan lalu.

RIoT 2018 berlangsung selama dua hari, 24 dan 25 November 2018. Sebanyak 30 tim terpilih dari seluruh nusantara menampilkan proyek IoT potensial asli Indonesia.

Peserta diminta untuk membuat solusi berbasis IoT dari berbagai topik yaitu: agrikultur, logistik, energi dan utilitas, industrial IoT, keamanan, kesehatan, fintech, building automation, fleet management, dan transportasi.

BACA JUGA:
Pasca Tsunami Selat Sunda, XL Axiata Gratiskan Biaya Komunikasi

Karya dari 30 tim dinilai oleh tim penjurian yang selanjutnya memilih 3 tim untuk dinobatkan sebagai juara dan 1 tim favorit. Berdasarkan penilaian juri, pemenang pada RIoT 2018 masing-masing adalah:

Pictafish dari Malang, Ultrafarming dari Banda Aceh, dan Disteam dari Malang. Tim Favorit dimenangkan oleh Mahapati dari Bali.

Hadiah untuk pemenang berupa uang tunai, pemenang juga berkesempatan mengembangkan karyanya lebih lanjut dan mendapat bimbingan serta inkubasi di X-Camp (Lab Inovasi IoT XL).

Tim pemenang masing-masing membuat karya berupa Water Measurement Kit yang mengintegrasikan AI camera dan water sensors untuk menganalisa kualitas air; Kandang digital untuk monitoring dan controlling peternakan ayam; dan Early Warning System pendeteksi kebakaran hutan.

BACA JUGA:
XL Axiata Terus Perkuat Jaringan Data di Sumatera

Sementara itu, tim yang menjadi juara favorit membuat karya berupa Smart Water Monitoring System untuk Tambak Ikan Kerapu.

Selama berlangsungnya RIoT 2018 juga diselenggarakan sejumlah aktivitas, antara lain Breakout Class, yang terdiri dari Workshop; Hardware Hands-On; dan Un-Conference, yaitu panggung yang terbuka bagi seluruh pengunjung untuk bebas berbicara soal topik pilihannya.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Kiril Mankovski menyatakan, ”Kami melihat potensi besar yang dimiliki oleh para developer lokal Indonesia dalam mengembangkan IoT. Karena itu, kami berharap banyak melalui R-IoT 2018 kami akan bisa mendapatkan gambaran yang lebih pasti mengenai kemampuan dan potensi para developer Indonesia.”

BACA JUGA:
XL Home Tambah Wilayah Cakupan

Republic of IoT 2018 merupakan perhelatan Internet of Things terbesar di Indonesia. Ajang ini diselenggarakan oleh Makestro dan Infia Pariwara, berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, serta didukung penuh oleh XL Axiata melalui XL Business Solutions.