Finalis TBIG Creation 2018
Finalis TBIG Creation 2018 (Donnie/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Sukses menggelar TBIG Creation pertama pada tahun 2017 lalu, PT Tower Bersama Infrastructure (TBIG) kembali menggelar TBIG Creation 2018. Creation sendiri merupakan singkatan dari Creative Solution.

TBIG Creation 2018 merupakan wadah bagi generasi muda Indonesia untuk mewujudkan berbagai ide unggulan mereka menjadi sebuah solusi kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

TBIG Creation 2018
TBIG Creation 2018 (Donnie/Selular.ID)

“Ini merupakan acara TBIG Creation kedua yang kami gelar. Kami kembali menggelar TBIG Creation karena peminatnya sangat banyak. Tahun lalu, proposal yang masuk sekitar 74. Sementara tahun ini proposal yang masuk berjumlah 230,” ujar Lie Si An, Chief Of Business Support TBIG saat acara Media Session TBIG Creation Expo di kantor TBIG di Kuningan, Jakarta, Jumat (16/11/2018).

Lie Si An, Chief Of Business Support TBIG
Lie Si An, Chief Of Business Support TBIG (Donnie/Selular.ID)

Disampaikan Lie, TBIG Creation 2018 mencari solusi kreatif dalam bidang Informasi & Komunikasi (TIK) dan Internet of Things (IoT).

Dalam kompetisi kali ini, TBIG memperluas cakupan peserta yang dapat berpartisipasi. Peserta yang ikut dalam TBIG Creation 2018 ini juga berasal dari kalangan pelajar. Hal ini sejalan dengan komitmen TBIG yang memberikan perhatian besar terhadap perkembangan dan kemajuan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) di Indonesia.

TIK akan menjadi aset strategis bagi bangsa ini di masa yang akan datang. Dengan melibatkan generasi muda sejak dini dalam pengembangan solusi kreatif berbasis TIK, maka diharapkan bangsa Indonesia lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan di era transformasi digital.

“Acara ini sudah mendapat perhatian khusus dari Lembaga Pendidikan, Sekolah dan siswa itu sendiri,” ucap Lie.

TBIG Creation 2018 mengusung tema Unlocking Potential Value in Community Through Technology Adoption yang menyajikan berbagai bentuk Solusi Kreatif yang dalam bidang TIK dan IoT. Solusi yang diajukan dalam TBIG Creation 2018 ini mencakup Mobile Application berbasis Android atau iOS, Desktop Application berbasis Windows, Web Application dan Multimedia Application.

Ada 13 kategori dalam TBIG Creation 2018 ini. Kategori tersebut meliputi :

  1. Smart Tourism & Travel
  2. Smart Health
  3. Smart Manufacture
  4. Smart Logistics & Transportation
  5. Smart Telco Solution
  6. Smart Home & Building
  7. Smart Agriculture
  8. Smart Clusters
  9. Artificial Intelligence
  10. Ad Tech
  11. e-Commerce
  12. Education
  13. Fintech

Dijelaskan Lie, masing-masing kategori tersebut telah mengajukan proposal atas produk yang mereka ajukan.

“Kami akan menseleksi setiap proposal yang masuk terbaik. Dari proposal yang masuk, kami seleksi berdasarkan uji kelayakan. Setelah terpilih proposal terbaik, kami akan meminta membuat contoh produk mereka seperti mockup, pematangan konsep, biaya yang dikeluarkan berapa dan sebagainya. Selanjutnya mereka akan presentasi kepada para juri tentang produk mereka,” ungkap Lie.

Dikatakan Lie, dari serangkaian peserta yang mendaftar terpilih 15 tim yang masuk ke babak final. Total 30 peserta dalam 15 tim tersebut yang menjadi finalis.

Sebelum masuk ke final, dilakukan beberapa tahap seleksi TBIG Creation 2018. Dimulai dari pendaftaran dan Pengumpulan Proposal Aplikasi pada 25 Juni hingga 25 Agustus 2018. Dilanjutkan Seleksi Proposal Aplikasi dari 27 Agustus hingga 4 September 2018.

Selanjutnya Pengumuman Finalis TBIG Creation 2018 di tanggal 5 September 2018. Kemudian Pembuatan Prototype serta Video dan Materi Presentasi Final pada 6 September hingga 5 November 2018.

Tahap akhir, Presentasi Final yang berlangsung pada 6 hingga 7 November 2018. Terakhir, Penyelenggaraan Expo dan Awarding Ceremony pada 16 November 2018.