Jakarta, Selular.ID – Tren mobile gaming sepertinya tak ingin diabaikan begitu saja oleh Telkomsel tanpa memberikan kontribusi terhadap pundi-pundi pendapatannya sebagai operator selular.

Fokus menggarap segmen ini Telkomsel bahkan meluncurkan game perdana yang diproduksinya sendiri. Diberinama ShellFire, mobile game ini merupakan game pertama yang dimiliki oleh Telkomsel dan didistribusikan secara umum melalui Dunia Games untuk semua pengguna smartphone di Indonesia.

Pada 2018 lalu Telkomsel juga telah sukses menggelar kompetisi Indonesia Games Championship. Melanjuti kesuksesan tersebut, Telkomsel kembali menggelar liga e-sport dengan total hadiah yang ditawarkan cukup besar, total Rp3 miliar.

BACA JUGA:
Video Streaming Kontribusi Tertinggi Trafik NARU Telkomsel

Gelaran yang bertajuk Dunia Game League ini merupakan bagian dari Indonesia Games Championship (IGC) 2019.

Alistair Johnston, Direktur Marketing Telkomsel mengatakan bahwa basis pelanggan Telkomsel yang menyumbang pendapatan tertinggi dari layanan digital lainnya berasal dari segmen Games Player yang mencapai 34%.

Disampaikan Alistair, saat ini market share Telkomsel di Industri Games Indonesia mencapai lebih dari 22%.

Adapun potensi pendapatan industri games di Indonesia sampai dengan tahun 2022 diproyeksikan mencapai hingga senilai USD3.75 miliar.

BACA JUGA:
Mbanking Telkomsel Kini Hadir dalam Bentuk Aplikasi

“Kami telah memperluas basis pengguna kami dengan meluncurkan produk baru serta menemukan cara baru untuk membawa game ini ke masyarakat luas. Dimulai dari Dunia Games, sebagai platform kolaborasi di antara publisher game, berlanjut ke Indonesia Games Championship, dan akhirnya kami sangat senang meluncurkan ShellFire. Ini adalah bukti komitmen kami untuk membangun ekosistem digital entertainment lifestyle bagi masyarakat Indonesia,” ujar Alistrair.

Memasuki segmen ini Telkomsel memang diuntungkan dengan jaringan 4G yang dimilikinya yang tersebar di sleuruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA:
Catatan Akhir 2018 : Registrasi Prabayar Berujung Negative Growth

Pasalnya, layanan game online akan memerlukan standar jaringan yang sangat bagus dengan kecepatan tinggi dan latensi yang rendah.

Hingga saat ini Telkomsel memiliki 43.149 BTS 4G yang tersebar di 514 kota yang ada di Indonesia.

“Untuk itu kami selalu meningkatkan kualitas jaringan broadband 4G LTE untuk memastikan stabilitas layanan data sehingga para gamers dapat menikmati game online dengan nyaman. Hingga saat ini lebih dari 60 juta pengguna Telkomsel dari 90 juta pemain telah aktif yang bermain mobile games secara online di Indonesia,” pungkasnya.