Jakarta,Selular.ID – Diketahui situs web berbagai video Youtube kemarin mengalami down, yang mengakibatkan platform tersebut tidak dapat diakses selama beberapa jam.

Dilaporkan, bahwa pengguna mencoba untuk mengakses video atau mengunggah konten namun menemukan pesan error. Pemadaman itu dimulai pada 9 p.m. ET dan layanan itu tampaknya mulai pulih setelah 10:30 p.m. ET.

Kabarnya, gangguan terjadi meliputi wilayah timur laut Amerika Serikat (AS) dan sebagian wilayah pantai Barat dan Timur. Seperti di Australia, Meksiko, Brasil dan wilayah negara-negara Uni Eropa serta Indonesia.

BACA JUGA:
Algoritme Youtube Salah Mendeteksi Kode Pornografi

Dilaporkan Cnet, Youtube, mengalami pemadaman di berbagai platform pada malam Selasa lebih dari 1 jam. Gangguan tersebut dilaporkan melalui Twitter terkait laporan masalah akses Youtube, Youyube TV dan Youtube Music.

Ternyata yang menyebabkan Youtube down adalah, dari Maintenance hingga Serangan DDoS.

Selain itu, ada beberapa kesalahan server yang diperhatikan pengguna selama pemadaman, termasuk pesan kesalahan 503 dan 500.

BACA JUGA:
Perubahan Konfigurasi Server, Penyebab Utama Facebook Down

Meskipun sebagian besar pengguna sudah mengenal 404, halaman tidak ditemukan, pesan kesalahan 503 berarti layanan tidak tersedia. Umumnya, pesan ini ditampilkan ketika server kelebihan beban dan tidak dapat menangani volume lalu lintas yang mencoba untuk mengaksesnya.

Kesalahan 503 biasanya dikaitkan dengan kondisi sementara. Sedangkan ‘500 Internal Server Error’ muncul di beberapa halaman pada Selasa malam, ketika mengunjungi akun Youtube individu.

BACA JUGA:
Serangan Cyber Bukan Penyebab Layanan Facebook CS Down

Youtube sempat mengatakan bahwa pihaknya, sedang berusaha menyelesaikan masalah ini dan akan memberi tahu pengguna jika sudah diperbaiki, dan kini Youtube bisa diakses kembali.