Jakarta, Selular.ID – Data pengguna adalah hal yang perlu dijaga, melihat itu Google sedang melajukan Uji Coba fitur backup mirip i-Cloud untuk Android 9.0 Pie.

Seperti dilaporkan Mashable, penyimpanan data menggunakan sistem cloud computing atau komputasi awan telah banyak diterapkan, tak terkecuali di dalam ponsel. Google menguji pencadangan manual ke Google Drive untuk Android.

BACA JUGA:
Desain Google Pixel 4 Terungkap, Seperti Ini Tampilannya

Sebelumnya yang dilakukan pengguna yang ingin mencadangkan ponsel mereka ke Google Drive, tidak dapat memilih waktu untuk mencadangkan ponsel mereka, karena ini adalah proses otomatis yang ditentukan oleh waktu atau daya.

Namun, tampaknya Google mengubah itu dengan memberikan opsi kepada pengguna untuk mencadangkan ponsel mereka kapan pun mereka mau.

Memang ada opsi lain untuk mencadangkan perangkat, seperti memilih layanan penyimpanan cloud yang berbeda, atau mencadangkan ke komputer.

BACA JUGA:
Lindungi Penggunanya, Google Ingin Akses Assistant Lebih Aman

Menariknya, sistem terbaru ini juga tidak akan mengharuskan pengguna untuk melakukan root pada perangkat mereka hanya untuk menggunakan aplikasi seperti TitaniumBackup.

Sayangnya tidak ada kabar kapan Google akan benar-benar merilis fitur ini, tetapi mengingat bahwa itu sedang diuji di Android 9.0 Pie, tampaknya tidak akan terlalu lama.

Android 9 memanfaatkan kemampuan kecerdasan buatan untuk memberi manfaat lebih dari ponsel penggunanyal. Kini Android lebih cerdas, lebih cepat dan beradaptasi saat menggunakannya