Jakarta, Selular.ID – Facebook merinci jenis informasi apa saja yang diakses peretas bulan lalu. Daftar itu termasuk nama pengguna dan info kontak, serta detail pribadi seperti agama, lokasi, dan banyak lagi.

Data yang berhasil dilihat peretas mencapai 29 juta orang, dan sekarang Facebook menawarkan cara untuk mengetahui apakah akun Anda diretas dan informasi apa yang dilihat.

Untuk mengetahuinya, silakan kunjungi Pusat Bantuan Facebook. Pemberitahuan di bagian bawah laman akan menjelaskan apakah akun Anda terpengaruh atau tidak. Jika ya, itu akan menyatakan informasi apa yang diambil.

BACA JUGA:
Tahap Akhir, Fitur Dark Mode untuk Facebook Messenger Sedang Uji Coba Publik

Dari 29 juta pengguna, 15 juta akun terpapar nama, alamat email, dan nomor telepon mereka (tergantung pada info kontak apa yang ada di profil mereka). Sementara 14 juta lainnya, info di atas dilihat bersama dengan info profil tambahan, termasuk jenis kelamin, agama, lokasi, info perangkat, lokasi yang Anda tandai, dan Laman yang Anda sukai.

Satu juta pengguna lain memiliki akses ke akun yang dicuri, tetapi tidak pernah menggunakannya. Para peretas tidak memposting apa pun di profil pengguna, sejauh yang diketahui Facebook saat ini.

BACA JUGA:
Calon CEO WhatsApp 'Angkat Kaki'

Jika akun Anda diakses, Facebook mengatakan Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk mengamankannya pada titik ini. Karena kata sandi tidak dicuri, jadi Anda tidak perlu mengubah password Anda.

Akan tetapi, peretas mengambil akses “token” akun yang memungkinkan mereka masuk. Facebook sudah mereset token-token itu bulan lalu, itulah sebabnya Anda mungkin menemukan diri Anda keluar (logout) dari akun Anda September lalu.

BACA JUGA:
Facebook Kembangkan Cryptocurrency untuk Transfer Uang di WhatsApp?

Guy Rosen, VP manajemen produk Facebook, mengatakan bahwa perusahaan belum menemukan bukti dari data yang diakses itu disebarluaskan atau disalahgunakan. Jadi untuk saat ini, tidak jelas apa yang harus dilakukan pengguna jika informasi mereka telah diakses. Investigasi masih berlangsung, dan sepertinya Facebook akan memiliki lebih banyak detail konkret untuk dibagikan nanti; perusahaan mengatakan FBI juga sedang menyelidiki.

Jika Anda sudah muak dengan masalah privasi di Facebook, Anda juga bisa menghapus akun dan meninggalkan Facebook selamanya sekarang.