Tuesday, June 18, 2019
Home News Bobol Lagi, Data Login Facebook Dijual Hacker

Bobol Lagi, Data Login Facebook Dijual Hacker

-

Jakarta, Selular.ID – Sebuah laporan penelitian baru mengungkapkan bahwa data login Facebook telah dijual oleh peretas di dark web (website gelap). Harga jual 1 data akun login Facebook dijual seharga USD 2,60 atau setara Rp 40 ribu seperti dikutip dari Ubergizmo. Sekitar 50 juta akun login Facebook telah dijual di website gelap tersebut.

Tidak disebutkan cara hacker tersebut memperoleh pengguna Facebook dan kemudian menjualnya. Yang jelas, para hacker dapat dengan mudah melakukannya.

Dalam proses pencuriannnya, para hacker juga mengeluarkan biaya. Namun biaya yang dikeluarkan tidak banyak, hanya beberapa dolar saja.

Penelitian Money Guru juga menyebutkan bahwa login akun yang diretas juga dijual dark web. Siapa pun dengan browser dan alamat web yang tepat dapat membeli akun Facebook yang dijual di dark web tersebut. Penelitian ini didasarkan pada ketersediaan login untuk penjualan 26 akun apa saja yang paling sering digunakan di internet.

Selain Facebook, data keuangan juga diperjualbelikan dalam dark web tersebut. Sejauh ini, dark web memang dikenal menjual akun secara illegal. Data keuangan juga tersedia dengan harga murah.

Data kartu kredit dan kartu debit sering dijual seharga USD 14 atau setara Rp 212 ribu dan USD 19,50 atau senilai Rp 294 ribu masing-masing. Pada dasarnya mungkin untuk membeli seluruh identitas online seseorang dengan harga kurang dari USD 1000 atau senilai Rp 15 juta.

Data yang sering dijual di dark web meliputi profil media sosial, akun belanja online dan layanan hiburan. Data tersebut mencakup informasi pribadi seperti nomor telepon dan alamat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati dalam menggunakan jejaring sosial dan melakukan transaksi online. Facebook dan sejumlah platform lainnya seharusnya meningkatkan keamanan platform-nya. Mengingat beberapa waktu lalu terjadi kebocoran data di Facebook yang dilakukan oleh Cambridge Analytica.

SourceUbergizmo

LIVE BLOG: PELUNCURAN OPPO RENO

Oppo Reno series mengedepankan kamera, performa dan juga daya tahan tahan baterai.

Latest