Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu Vivo mengumumkan smartphone anyar Vivo V11 Pro di Indonesia. Perangkat merupakan smartphone menengah terbaru dari perusahaan dengan satu fitur unggulan yang tidak ditemukan di perangkat lain di pasaran.

Di segmen menengah-atas pasar smartphone tanah air, penerus seri V9 itu bersaing dengan sejumlah brand lain dengan fitur serupa, mulai dari Xiaomi, Honor, Oppo, Huawei, dan banyak lagi.

Pada pembahasan kali ini kami akan memberi Anda 7 alasan mengapa Vivo V11 Pro mengalahkan smartphone Poco F1 dari Xiaomi.

Di segmen kinerja Poco F1 hadir dengan chipset premium Snapdragon 845, sedangkan Vivo V11 Pro menyematkan prosesor high-end Snapdragon 660 AIE.

Di lembar yang sama, Poco F1 juga dibekali baterai yang lebih besar 4000mAh, dibandingkan dengan kapasitas 3400mAh pada Vivo V11 Pro.

Namun, di hampir setiap aspek lainnya, Vivo V11 Pro adalah smartphone yang lebih baik. Berikut 7 alasan kami menilai V11 Pro lebih unggul ketimbang Poco F1.

Sebagai dasar pertimbangan, Poco F1 dijual dengan harga Rp4.499.000 untuk varian standar yang dilengkapi dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 64GB. Di sisi lain, Vivo V11 Pro dikenakan biaya Rp4.999.000 dengan RAM dan konfigurasi penyimpanan yang sama (hanya ada satu varian).

BACA JUGA:
IDC: Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q3 2018


1. Layar Super AMOLED
Salah satu alasan utama mengapa Vivo V11 Pro lebih baik daripada Poco F1 adalah karena panel tampilan yang digunakannya. V11 Pro memiliki layar Super AMOLED 6.41 inci dengan waterdrop notch, rasio aspek 19.5:9, dan resolusi Full HD+.

Poco F1 menggunakan panel LCD, yang berarti warna tidak akan sebagus dan secerah Vivo V11 Pro.


2. Fingerprint di bawah layar
Vivo V11 Pro menjadi pelopor dalam fitur pemindai sidik jari di bawah layar (Vivo menyebutnya Screen Touch ID). Di Indonesia, Screen Touch ID merupakan inovasi terbaru dari Vivo.

Screen Touch ID mampu memindai sidik jari pengguna dengan sangat cepat. Ketika sidik jari ditempelkan, maka layar secara otomatis menyala dan membaca sidik jari tersebut kemudian membuka ponsel. Screen Touch ID ini juga membuat layar Vivo V11 Pro lebih luas.

Sementara Poco F1 memiliki sensor fingerprint di panel belakang, sama seperti smartphone lain yang ada di pasaran.


3. Desain
Desain V11 Pro juga lebih baik daripada Poco F1. Smartphone pertama sub brand Xiaomi itu dibuat dengan kerangka polikarbonat, V11 Pro mengusung body aluminium dan kaca. Juga, bezel pada Vivo V11 Pro sangat tipis, memberikannya rasio layar hingga 91,27 persen terhadap body.

BACA JUGA:
Tiga Smartphone dengan Desain Menawan, Xiaomi Lewat!

Pilihan warna pada Vivo V11 Pro jelas lebih baik dari Poco F1. Desain teardrop notch juga lebih nyaman di mata pada perangkat Vivo, dibandingkan dengan poni konvensional pada Poco F1.


4. Selfie 25MP
Pengaturan dual-kamera belakang serupa pada kedua Poco F1 dan Vivo V11 Pro, namun kamera depanlah yang membuat Vivo lebih bersinar.

Jagoan terbaru V11 Pro dibekali kamera selfie 25MP, yang dibundel dengan fitur perangkat lunak seperti AI Face Shaping, mode Bokeh, HDR, dan banyak lagi.


5. AI
Vivo V11 Pro meneruskan keunggulan kamera khas V-Series. Baik kamera depan (25MP) maupun belakang (12MP+5MP) sudah ditenagai fitur kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence).

Dari berbagai riset diketahui fitur kamera adalah salah satu fitur kunci yang dicari konsumen Indonesia dalam memilih smartphone. Nah kamera Vivo V11 Pro memungkinkan Anda mengambil foto dengan beragam objek, pencahayaan backlight, AI Beauty Selfie, dan banyak lagi.


6. Slot microSD khusus
Baik Poco F1 dan Vivo V11 Pro, dilengkapi dengan penyimpanan yang bisa diperluas, berkat slot microSD. Namun, pada Poco F1, slotnya bersifat hybrid. Slot kedua bisa digunakan untuk SIM 2 atau microSD.

BACA JUGA:
Tutup Tahun 2018, Vivo Indonesia Umumkan Pencapaiannya

Artinya Anda hanya bisa menggunakan satu kartu SIM + microSD, atau menggunakan SIM ganda dan tidak memiliki penyimpanan yang dapat diperluas.

Pada Vivo V11 Pro, ada slot microSD khusus, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan SIM 1, SIM 2, dan menambahkan lebih banyak penyimpanan sekaligus (tiga slot).


7. Ketersediaan
Sama seperti smartphone Xiaomi lainnya, Poco F1 dijual melalui model penjualan kilat (flash sale) dengan stok terbatas. Sejumlah konsumen mengaku kesulitan membeli Poco F1.

Sementara itu, Vivo V11 Pro tersedia untuk dibeli melalui penjualan terbuka baik di official online store, e-Commerce partner Vivo, maupun offline Vivo Store di seluruh Indonesia.

E-commerce tersebut meliputi JD.id, Lazada, Shopee, AkuLaku, dan Tokopedia. Jadi dipastikan Anda bisa dengan mudah mendapatkan V11 Pro kapan saja Anda inginkan.

Begitulah, meskipun Poco F1 adalah smartphone yang lebih kuat, fitur lain dari perangkat ini tidak terlalu bagus dibandingkan dengan Vivo V11 Pro.