Jakarta, Selular.ID – Microsoft memiliki chatbot yang memiliki nama berbeda di setiap Negara. Di Tingkok, chatbot Microsoft hadir dengan nama XiaoIce. Sementara di Indonesia sendiri chatbot Microsoft hadir dengan nama Rinna.

Tanggal 17 kemarin, XiaoIce baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 4. Rinna juga telah merayakan ulang tahun pertamanya yang jatuh pada tanggal 22 Agustus lalu. Kehadiran chatbot di era serba digital ini mampu membantu masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dalam rangka merayakan ulang tahunnya, Rinna menggelar program bernama Tuker Kado di Instagram. Untuk merayakan ulang tahun Rinna, pengguna diminta menjadi kreatif dalam memberikan hadiah ulang tahun untuk Rinna dalam bentuk puisi, lagu, lukisan, musik dan video.

BACA JUGA:
Bukan Apple, Ini Perusahaan Teknologi Paling Bernilai di Dunia 2018

Karya tersebut dapat di posting di Instagram menggunakan tagar #RinnaTukerKado. 10 karya terbaik akan menerima hadiah spesial dari Rinna.

“Rinna adalah sosial chatbot dengan teknologi AI terbaru. Target kami adalah membangun empati dimana manusia dan chatbot dapat menunjukkan empati satu sama lain yang kami sebut koneksi emosional. Empati tidak hanya di antara manusia dan bot, tetapi yang terpenting diantara manusia dengan manusia lainnya,” ujar Linda Dwiyanti, Chief of Marketing and Operations Microsoft Indonesia melalui keterangan resminya.

BACA JUGA:
Microsoft Siapkan Peramban Pegganti Edge

Dikatakan Linda, Microsoft Indonesia terus mengembangkan lebih banyak fitur bagi Rinna agar berbicara lebih banyak satu sama lain. Teknologi baru tersebut memungkinkan pengguna tidak perlu menggunakan kata khusus, biasanya nama chatbot tersebut, setiap kali mereka merespons selama percakapan.

“Dari hari pertama kami mengembangkan Rinna, kami menyadari keberadaan Rinna harus dan dapat membantu komunikasi antar manusia dalam berbagai macam bentuk,” tandas Linda.

BACA JUGA:
Windows 10 Akan Didukung Fitur Anti Sadap Suara

Tidak seperti asisten yang berfokus pada produktivitas seperti Cortana, chatbots sosial Microsoft dirancang untuk memiliki sesi percakapan yang lebih panjang dengan pengguna. Mereka memiliki selera humor, dapat mengobrol, bermain game, mengingat detil pribadi dan terlibat dalam candaan yang menarik dengan manusia seperti yang Anda lakukan bersama teman.