Jakarta, Selular.ID – Sebuah tayangan video yang diunggah di YouTube pada, Rabu (26/09) menampilkan perangkat iPhone yang dapat diretas dengan cara mem-bypass kode kunci layar. Jose Rodriguez, yang sebelumnya juga pernah mengalami gangguan pada iOS, mengungkapkan teknik untuk melewati pertahan sistem pada iOS versi 12.

Celah ini dapat dimanfaatkan peretas untuk melihat foto dan kontak pada perangkat iPhone yang terkunci. Namun, cara ini cukup sulit dilakukan, mengingat peretas harus menggenggam secara langsung ponsel yang menjadi target.

BACA JUGA:
iPhone XI Dengan 3 Kamera, Rilis 10 September

Operasi ini membutuhkan penggunaan fitur VoiceOver, yang membacakan apa yang tampak pada layar iPhone. Ini juga mengharuskan peretas untuk memiliki telepon kedua, yang digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan teks ke iPhone yang ditargetkan. Intinya adalah bahwa penyerang dapat mengakses kontak dan foto pengguna iPhone dengan melewati atau mem-bypass kode sandi layar.

BACA JUGA:
Apple Gandeng Sony Untuk Kamera 3D iPhone 2019

Teknik peretasan kode sandi ini dapat dilakukan pada iPhone apa pun yang menjalankan iOS 12, dan itu tidak tampak seolah-olah Apple menambal ini dengan iOS 12.1 beta. Namun, pengguna dapat menghindari teknik peretasan ini dengan cara memblokir akses ke Siri dari layar kunci, sebagaimana Selular.ID rangkum dari PhoneArena Minggu, (30/10).

BACA JUGA:
Disebut Banyak Masalah, Adopsi Apple iOS 12 Lebih Cepat Ketimbang iOS 11

Untuk melakukan itu, buka Pengaturan > Face ID & Kode Sandi dan di bawah menu yang merah “Izinkan akses ketika terkunci,” kemudian geser ke posisi off. Jika Anda memiliki iPhone dengan Touch ID, buka Pengaturan> Touch ID & Kode Sandi dan menuju ke “Izinkan akses saat terkunci menu” untuk menonaktifkan pengalih Siri.