Jakarta, Selular.ID – Grab hari ini menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata untuk menghadirkan Smart Tourism. Melalui kerja sama ini, Grab akan membantu pemerintah dalam mempromosikan destinasi unggulan pariwisata Indonesia melalui co-branding Wonderful Indonesia.

“Program berskala internasional ini membuka kesempatan luas tak hanya bagi para pelaku industri pariwisata, tapi juga pelaku ekonomi dalam negeri, masyarakat setempat, dan infrastruktur lokal untuk berkembang dan memperoleh manfaat dari program ini dengan mempromosikan berbagai destinasi dan keindahan yang dimiliki Tanah Air,” kata Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia, pada acara Penandatangan MOU dan perjanjian kerja sama Grab dengan Kementerian Pariwisata, di sela-sela Rakornas Pariwisata, di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Melalui kerja sama ini, Grab akan menghadirkan serangkaian program menarik untuk program ‘Wonderful Indonesia’ berlangsung guna memberikan pengalaman terbaik kepada para pengguna, di antaranya:

1. Turis domestik maupun mancanegara nantinya dapat menggunakan layanan transportasi yang aman dan berkualitas tinggi yaitu GrabCar Rent Wonderful Indonesia untuk menyewa kendaraan selama 4-12 jam serta GrabCar Plus Wonderful Indonesia (mitra pengemudi bintang lima) untuk menjelajahi keindahan Nusantara.

2. Akses informasi yang relevan dengan sektor pariwisata melalui GrabDaily.

3. Rekomendasi restoran untuk dikunjungi oleh para wisatawan sebagai destinasi wisata kuliner dan menyertakan informasi restoran lokal yang menawarkan makanan khas daerah yang dapat dipesan melalui layanan GrabFood.

BACA JUGA:
Dapat Suntikan Dana Gede, Grab Investasikan Sebagian Besar di Indonesia

4. Para pengguna aplikasi Grab juga dapat menukarkan poin GrabRewards mereka pada kategori ‘travel’ untuk mendapatkan penawaran menarik di berbagai obyek wisata di Indonesia.

5. Fasilitas digital bagi para wisatawan seperti lounge, tourist information center, charging station, WiFi, serta area peristirahatan untuk mitra pengemudi di beberapa destinasi wisata terpilih.

Sebagai tahap awal, Grab telah mulai menjalin kerja sama dengan beragam obyek wisata di Indonesia, termasuk Candi Borobudur dan Candi Prambanan, Jatim Park Group, Istana Maimun, dan Garuda Wisnu Kencana.

6. Pelanggan Grab di Indonesia maupun turis mancanegara tidak perlu lagi khawatir untuk berkomunikasi dengan mitra dengan adanya fitur GrabChat (fitur pesan singkat dalam aplikasi Grab).

Kini, ketika bepergian di kawasan Asia Tenggara, pelanggan Grab tidak perlu khawatir untuk berkomunikasi. Fitur template pesan-pesan yang telah diterjemahkan secara otomatis dalam GrabChat.

Kalimat-kalimat seperti “Baik, saya akan segera sampai” tersedia dalam lima bahasa yang umum digunakan di Asia Tenggara: Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Bahasa Chinese, Bahasa Thai dan Bahasa Vietnam.