Wednesday, June 26, 2019
Home Tips Pernyataan Resmi Instagram Soal Peretasan Akun

Pernyataan Resmi Instagram Soal Peretasan Akun

-

Jakarta, Selular.ID – Beberapa pengguna Instagram mengaku telah mengalami pengambilalihan akun Instagram dan tidak dapat melakukan akses terhadap akun yang mereka miliki.

Menurut para korban, begitu para pelaku membajak akun instagram, mereka mengubah nama-nama akun, gambar profil, e-mail dan nomor telepon, sehingga hampir tidak mungkin untuk memulihkan akses.

Melihat kejadian itu, Instagram mengeluarkan pernyataan:

“Kami sadar bahwa beberapa orang kesulitan mengakses akun Instagram mereka. Saat kami menyelidiki masalah ini, kami ingin membagikan panduan di bawah ini untuk membantu menjaga keamanan akun Anda:

  1. Jika Anda menerima email dari kami yang memberi tahu Anda tentang perubahan alamat email Anda, dan Anda tidak memulai perubahan ini – silakan klik tautan bertanda ‘kembalikan perubahan ini di email, dan kemudian ubah kata sandi Anda.
  2. Kami sarankan Anda memilih kata sandi yang kuat. Gunakan kombinasi setidaknya enam angka, huruf dan tanda baca (seperti! Dan &). Ini harus berbeda dari kata sandi lain yang Anda gunakan di tempat lain di internet.
  3. Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah yang diuraikan di halaman ini untuk memulihkan akun Anda. Harap gunakan alamat email baru yang aman untuk memulihkan akun Anda.
  4. Terakhir, cabut akses ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan dan aktifkan autentikasi dua faktor untuk keamanan tambahan. Otentikasi dua faktor kami saat ini memungkinkan orang untuk mengamankan akun mereka melalui teks, dan kami bekerja pada fungsi dua faktor tambahan dengan lebih banyak untuk berbagi segera.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Pusat Bantuan Instagram yang menyertakan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk memulihkan akun Anda, serta Tips Keamanan.

Kami memiliki tim khusus yang membantu orang-orang untuk mengamankan akun mereka. Jika Anda telah menghubungi kami tentang akun Anda, Anda akan segera mendapat kabar dari tim kami.”

Bersamaan dengan pernyataan Instagram, Karpersky Lab juga mengeluarkan laporan miliknya terkait peretasan akun Instagram.

“Sejauh ini, tidak ada data yang valid tentang bagaimana pelaku mendapatkan akses ke profil Instagram banyak orang, tetapi metode yang paling umum untuk serangan semacam ini adalah melalui phishing. Selama tahun ini saja, produk Kaspersky Lab telah mencegah sekitar 68.000 upaya untuk mengunjungi halaman phishing yang menyalahgunakan merek Instagram. Menariknya, pada akhir Juli, beberapa minggu sebelum kejadian peretasan, kami menyaksikan lonjakan vektor serangan ini: pada 31 Juli, jumlah serangan phishing meroket dari sekitar 150 per hari menjadi hampir 600 per hari,” kata Nadezhda Demidova, peneliti keamanan di Kaspersky Lab.

Dalam banyak contoh, pengguna Instagram sendiri adalah kerentanan yang dicari peretas: mereka memberikan kredensial dengan memasukannya ke situs web phishing, aplikasi yang tidak bersertifikat, dan replika laman otentik.

“Karena popularitasnya, Instagram selalu menarik banyak penipuan, jumlah orang yang menggunakan platform tersebut sekarang lebih dari satu miliar. Setelah pelaku meretas ke akun pengguna, mereka dapat mengakses data pribadi pengguna dan korespondensi mereka. Dan profil pengguna dapat diubah menjadi sumber konten jahat, phishing, dan spam,” kata Nadezhda.

Agar tetap aman, pengguna disarankan untuk mengambil langkah-langkah berikut:

  • Jangan klik tautan yang mencurigakan
  • Periksa alamat laman di mana Anda akan berencana memasukkan informasi pribadi Anda
  • Gunakan aplikasi jejaring sosial resmi yang dipasang dari sumber tepercaya
  • Jangan bagikan informasi login akun Anda dengan aplikasi pihak ketiga

Latest