Thursday, April 25, 2019
Home News Telco Ini Waktu Trial IoT di Indonesia

Ini Waktu Trial IoT di Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID -Implementasi Internet of Things (IoT) di Indonesia kabarnya tidak akan lama lagi.

Namun untuk penerapan IoT di Indonesia, harus memenuhi syarat yang dipenuhi. Yakni, perusahaan atau instansi harus melakukan transformasi digital supaya bisa menggunakan teknologi tersebut.

Mochamad Hadiyana, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika menjelaskan, bahwa Trail IoT akan dilakukan setelah Asian Games 2018.

“Sebetulnya, kami sudah siap untuk melakukan trial ini dan sudah ada alatnya, namun saat ini pemerintah focus pada gelaran Asian Games Jakarta-Palelembang, tidak hanya itu frekuensinya dekat dengan seluler dan operator sedang sibuk dalam acara nasional tersebut. Termasuk ada ujicoba jaringan 5G,” tutur Hadiyana, disela-sela acara Konferensi Asia IoT Business Forum Edisi ke-25 di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Menurut Hadiyana, pemerintah sudah bertemu dengan para pemangku kepentingan, terutama operator seluler, sebagai penyelenggara layanan IoT, tiga minggu lalu untuk membahas berbagai hal dalam implementasi perangkat canggih itu. Hasilnya, semua pihak sepakat untuk mengadakan ujicoba perangkat itu pada sektor bisnis, setelah kesibukan operator selama momentum olahraga tersebut sudah selesai.

“Jadi ada device tertentu yang sudah ada regulasinya, tapi ada juga yang belum ada aturannya. Nah ini yang akan dikeluarkan aturannya tahun ini,”kata dia.

Hadiyana menambahkan, dengan jumlah pengguna Internet yang makin meluas di Indonesia peluang untuk mengimplementasikan IoT semakin terbuka lebar.

Terlebih lagi sekarang berbagai perangkat support IPV6. Intinya penerapan IoT ini memerlukan banyak dipasang sensor pada device atau lokasi yang akan mengabarkan kondisi riil, Selanjutnya data dari sensor dianalisa dan kemudian diambil satu keputusan.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest