Friday, May 24, 2019
Home Smartphone Huawei Siapkan Prosesor 7nm Kirin 980

Huawei Siapkan Prosesor 7nm Kirin 980

-

Jakarta, Selular.ID – Selain smartphone, Huawei juga memproduksi chipset sendiri. Raksasa teknologi China itu tengah mempersiapkan peluncuran prosesor terbaru yang dikabarkan menggunakan ukuran 7nm.

“Tanggal 31 Agustus di IFA Berlin kita akan ada pengumuman besar,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director, Huawei Device Indonesia, Consumer Business Group, pada diskusi media siang ini di Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Kalau memang benar, Huawei akan menjadi vendor chipset pertama dunia yang mengeluarkan prosesor dengan ukuran terkecil untuk smartphone.

Sayangnya, Lo Khing Seng enggan mengelaborasi pengumuman yang dimaksud.

Spekulasi seputar chipset baru Huawei berawal pekan ini. Di situs Weibo, Huawei memberi bocoran terkait pengumuman itu.

Pada sebuah video berdurasi 7 detik itu, Huawei menegaskan tanggal pengumuman 31 Agustus dengan gambar latar sebuah chipset.

Ketika dikonfirmasi, Lo Khing Seng tutup mulut perihal nama chipset dan fitur terbaru yang akan diusung chipset anyarnya.

“Kami tidak bisa konfirmasi apa-apa saat ini. Yang pasti hal-hal baik yang ada di Kirin 970 akan ada di chipset baru nanti,” ujarnya.

Huawei dijadwalkan mengisi ajang IFA tahun ini yang akan dimulai pada 31 Agustus dan akan berlangsung hingga 5 September.

Huawei kemungkinan besar tidak akan mengumumkan smartphone baru melainkan prosesor andalan terbarunya, yang dikabarkan bernama Kirin 980.

Video 7 detik diunggah di Weibo mengungkapkan Huawei akan mengadakan acara langsung pada hari pertama IFA 2018. Meskipun video tidak menyebutkan secara eksplisit bahwa Kirin 980 akan diumumkan, namun kita bisa melihat bentuk chipset dalam video.

Kirin 980 dikabarkan akan muncul pertama di smartphone Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro yang akan diluncurkan pada bulan Oktober.

Chipset baru ini juga akan muncul di flagship Huawei dan Honor lainnya seperti Honor V11 atau View 11 dan seri Huawei P30 yang diluncurkan tahun depan.

Kirin 980 akan menjadi chipset 7nm pertama Huawei dan akan terdiri dari empat core Cortex A76 dan empat Cortex A55 core.

Ini akan datang dengan GPU Mali dan versi NPU yang lebih baru. Kecepatan clock-nya dikatakan sekitar 2.8GHz.

SoC akan bersaing dengan chipset 7nm lainnya seperti Apple A12 dan Qualcomm Snapdragon 855.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest