Thursday, September 19, 2019
Home News Huawei : Pemerintah Australia Tak Perlu Khawatir Keamanan Jaringan 5G

Huawei : Pemerintah Australia Tak Perlu Khawatir Keamanan Jaringan 5G

-

Jakarta, Selular.ID – Beberapa waktu lalu, Huawei dicekal di Australia dalam impelementasi 5G di Australia karena alasan keamanan. Pemerintah Australia menyebutkan bahwa perusahaan asing akan membuat jaringan telekomunikasi Australia berpotensi rentan terhadap gangguan keamanan. Belum diketahui penyebab pasti dari pencekalan jaringan 5G di Australia.

Banyak yang berpendapat bahwa ada unsur rasis disini antara perusahaan Tiongkok dan pemerintah Australia. Sebelumnya, Huawei juga telah dicekal oleh pemerintah Amerika Serikat.

Menanggapi masalah tersebut, Pemerintah Australia mengeluarkan pernyataan resminya.

“Pemerintah Australia menganggap bahwa keterlibatan vendor asing yang tidak mematuhi regulasi berpotensi tidak dapat beroperasi di Australia,” ujar Pemerintah Australia dalam keterangan resminya.

Ini menunjukan bahwa kemungkinan besar Huawei tidak diperkenankan mengikuti tender 5G di Australia. Sejauh ini sejumlah pihak berpendapat bahwa alasan pencekalan Huawei di Australia bermotif politik bukan berdasarkan fakta.

Keputusan pemerintah Australia untuk memblokir Huawei dari pasar 5G Australia bermotif politik, bukan hasil dari proses pengambilan keputusan yang berdasarkan fakta, transparan, atau adil. Faktanya, Pemerintah Australia mengakui manfaat besar implementasi 5G yang dilakukan Huawei. Karena sejauh ini Huawei merupakan pemimpin jaringan telekomunikasi di dunia.

Dampak jaringan 5G juga begitu besar terhadap semua sektor di Australia, salah satunya ekonomi. Namun, keuputasan pemerintah Australia sudah bulat untuk mencekal Huawei beroperasi di Australia.

“Masyarakat Australia jelas menginginkan jaringan 5G terbaik yang kami miliki. Namun, pemerintah Australia justru mengabaikan hal tersebut demi kepentingan tertentu,” ungkap Huawei dalam keterangan resminya.

Selama ini terjadi kekeliruan antara pemerintah Australia dan pemerintah Tiongkok. Padahal jelas Huawei tidak pernah diminta untuk terlibat dalam pekerjaan intelijen atas nama pemerintah mana pun, khususnya pemerintah Tiongkok. Ini murni hanya urusan bisnis.

Dari segi infrastruktur, jelas jaringan 5G memiliki sistem keamanan yang lebih tinggi dibandingkan 4G dan 3G.

Dalam keterangan tertulisnya, Huawei Rotating Chairman, Eric Xu menyatakan bahwa jaringan 5G milik Huawei terbukti aman.

“Algoritma terenkripsi yang sudah ditingkatkan serta mekanisme privasi dan otentikasi akan membuat 5G lebih aman. Sistem kemananan 5G jelas jauah lebih aman dibandingkan 4G. Jelas jaringan 5G mampu memberikan system keamanan tingkat tinggi yang mampu melindungi data masyarakat maupun Pemerintah Australia. Dengan begitu, pemerintah Australia tidak perlu khawatir akan keamanan data,” tutup Huawei Rotating Chairman, Eric Xu.

Latest