Thursday, May 23, 2019
Home News Qiscus Berikan Dukungan Teknologi untuk Koordinasi dan Monitoring Perhelatan Asian Games 2018

Qiscus Berikan Dukungan Teknologi untuk Koordinasi dan Monitoring Perhelatan Asian Games 2018

-

Jakarta, Selular.ID – Qiscus menggandeng berbagai pihak, salah satunya smart city enabler di Indonesia untuk memberikan dukungannya secara penuh dalam pengimplementasian teknologi RTC ke dalam produk-produk untuk menunjang smart city, khususnya pada perhelatan akbar Asian Games 2018.

Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang ke-18. Mengusung tema Energi Asia, Asian Games dilaksanakan di dua lokasi, yakni Jakarta dan Palembang, dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018. Dalam perhelatan ini, atlet-atlet dari 45 negara berkumpul untuk berpartisipasi memeriahkan berbagai pertandingan di empat puluh cabang olahraga. Sejak ditunjuk menjadi tuan rumah, Indonesia telah mempersiapkan diri dengan baik untuk memfasilitasi pesta olahraga ini, salah satunya dalam hal pengimplementasian berbagai teknologi untuk mendukung kelancaran Asian Games 2018, khususnya pada bagian pengamanan dan monitoring acara.

Selama Asian Games 2018, setidaknya ada beberapa pihak yang terlibat sebagai pasukan keamanan. Dalam sebuah kesempatan wawancara, Kapolri Tito Karnavian mengatakan pemerintah telah menempatkan pasukan gabungan TNI-Polri sebanyak empat puluh ribu personel serta sepuluh ribu orang personel lagi sebagai pasukan cadangan. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, juga menyatakan bahwa sebanyak enam ribu kamera CCTV telah terpasang di berbagai lokasi untuk memantau keamanan lokasi berlangsungnya Asian Games 2018. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya krisis serta hal-hal yang tidak diinginkan selama berlangsungnya acara.

Namun demikian, keberadaan pasukan yang berjumlah puluhan ribu serta luasnya area yang mencakup berbagai titik di Jakarta dan Palembang menimbulkan satu permasalahan baru, yakni kompleksnya proses koordinasi dan komunikasi antarpetugas di lapangan maupun petugas di command center.

Hal ini yang melatarbelakangi Qiscus untuk hadir serta memberikan dukungannya dalam hal teknologi komunikasi real-time dalam gelaran Asian Games 2018.

Secara ringkas dapat dijelaskan bahwa teknologi RTC adalah semua bentuk teknologi telekomunikasi yang memungkinkan orang dapat bertukar informasi dan berkomunikasi secara real-time.

RTC memungkinkan orang untuk berinteraksi secara langsung seperti halnya ketika individu bertatap muka. Penerapan teknologi RTC ini tentunya sangat universal seperti halnya kebutuhan untuk berkomunikasi itu sendiri.

Didukung oleh teknologi berupa chat, video call, hingga video streaming, Qiscus menghadirkan sebuah perwujudan inovasi yang memungkinkan berbagai data dan informasi tersentral ke dalam satu dashboard.

Memanfaatkan teknologi live streaming, operator dapat memantau setiap aktivitas di lapangan dengan lebih efektif dan efisien. Teknologi RTC membantu berbagai pihak dalam sistem keamanan yang kompleks untuk saling berkomunikasi dan berkoordinasi dengan memanfaatkan teknologi komunikasi.

Mengkombinasikan berbagai keahlian yang dimiliki oleh Qiscus dan para mitranya, kini teknologi RTC telah digunakan oleh berbagai instansi maupun organisasi, salah satunya pada perhelatan Asian Games 2018.

Penggunaan teknologi ini diharapkan dapat membantu terpusatnya arus informasi dan koordinasi yang dalam hal ini melibatkan berbagai institusi keamanan dan organisator dalam skala besar.

Diharapkan, melalui teknologi RTC, petugas lapangan dan command-center dapat saling berkomunikasi secara real-time untuk memaksimalkan proses pengamanan selama berlangsungnya acara.

Delta Purna Widyangga, CEO sekaligus Co-Founder dari Qiscus, berharap teknologi seperti ini dapat menjadi solusi dari kebutuhan komunikasi yang melibatkan banyak pihak. Menurut Delta, implementasi teknologi RTC saat ini memang sangat diperlukan di berbagai industri. Tak terkecuali dalam konsep smart city yang digadang-gadang menjadi salah satu tolok ukur kemajuan suatu wilayah atau kota. “Kami mendukung dengan penuh penggunaan teknologi kami dalam produk-produk smart city,” ungkap Delta.

Hadir dalam platform mobile dan website, Delta berharap teknologi yang dikembangkan timnya dapat membantu merampingkan koordinasi dan komunikasi antara tim yang tersebar. Tentu ke depannya, penggunaan teknologi RTC dalam produk-produk smart city dapat melampaui fungsi monitoring dan koordinasi dalam acara atau tim berskala besar, tetapi juga di banyak studi kasus. Sebut saja dalam koordinasi mitigasi bencana, koordinasi bantuan, dan masih banyak lagi.

“Seiring dengan nilai utama kami di Qiscus perihal kolaborasi, kami sangat terbuka dengan semua bentuk kerja sama produk atau bisnis dalam hal pengimplementasian teknologi RTC yang kami kembangkan,” pungkas Delta.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest