Tuesday, May 21, 2019
Home Apps Grab Luncurkan Fitur Anti Tuyul, Gojek Kapan ?

Grab Luncurkan Fitur Anti Tuyul, Gojek Kapan ?

-

Jakarta, Selular.ID – Fenomena order fiktif (Ofik) dan tuyul membuat sejumlah platform transportasi online terus memeranginya. Grab salah satunya. Sesuai janjinya, Grab akhirnya meluncurkan teknologi yang dapat mengurangi tuyul dan ofik tersebut.

Fitur Anti Tuyul dan Ofik ini ditujukan untuk aplikasi khusus pengemudi Grab. Fitur ini hadir dalam aplikasi driver Grab versi terbaru.

“Sebelum meluncurkan fitur anti tuyul, kami melakukan studi terlebih dahulu. Kita lakukan pemberantasan tuyul dan ofik secara bertahap. Sebelumnya kita menangani ofik dan tuyul secara manual,” ujar Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia kepada Selular.ID disela peluncuran fitur anti tuyul dan peresmian Grab Driver Center (GDC) terbaru di Cisauk, Tangerang, Rabu (1/8/2018).

Menurut Ridzki fitur anti tuyul ini untuk meningkatkan kualitas layanan Grab memberikan kenyamanan bagi para pengguna dan mitra driver itu sendiri. Sejauh ini hanya Grab yang telah meluncurkan fitur anti tuyul. Sedangkan kompetitornya Gojek belum meluncurkan fitur serupa.

“Kualitas menurut kami adalah nomor satu. Jadi segera kita luncurkan fitur anti tuyul. Mungkin layanan transportasi online tidak meluncurkan teknologi serupa untuk memerangi tuyul dan ofik,” tegas Ridzki.

Ridzki memastikan fitur anti tuyul ini mampu memberantas habis tuyul dan fake GPS hingga 0%.

“Cara mendeteksi para driver yang melakukan tuyul dan ofik melalui pattern dan indikator tertentu. Jika sang driver terbukti melakukan tuyul dan ofik, maka akan muncul notifikasi di aplikasi pengemudi. Jika terbukti melakukan ofik dan tuyul, secara otomatis aplikasi ini akan memblokir akun sang driver,” terangnya.

Fitur anti tuyul
(Donnie Pratama Putra/Selular.ID)

Dikatakannya, pengemudi juga mendaptkan hak jawab jika dia terbukti tidak bersalah. Pengemudi dapat mengkonfirmasi apakah dia bersalah atau tidak dengan mendatangi Grab Driver Center (GDC) terdekat.

“Untuk aplikasi penumpang, tidak muncul notifikasi. Penumpang tidak bisa langsung tahu jika si driver melakukan ofik dan tuyul. Pengguna bisa tahu karena sang driver tidak kunjung tiba dalam waktu lama dan pengemudi hanya diam tidak bergerak,” paparnya.

Diungkapkan Ridzki pengguna dapat melaporkan si driver yang melakukan tuyul dan ofik langsung dari aplikasi mereka.

“Pengguna Grab juga dapat melaporkan secara langsung driver curang tersebut melalui Grab Driver Center (GDC) terdekat. Jika terbukti bersalah, kita akan memustuskan kemitraan dengan driver tersebut. Kami memastikan driver tersebut tidak bisa mendaftar di Grab lagi,” Tutup Ridzki.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest