Jakarta, Selular.ID – Mayoritas e-commerce di Indonesia identik dengan pembeli wanita, termasuk Shopee. Guna ‘menegaskan’ kalau platformnya bukan hanya ditujukan bagi kaum Hawa, perusahaan meluncurkan dedicated page berjuluk Shopee For Men.

“Meski didominasi wanita, pembeli pria juga cukup banyak di Shopee, sekitar 30-35 persen. Namun lebih banyak yang tidak tahu kalau Shopee juga menjual produk-produk pria,” kata Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia, pada peluncuran Shopee For Men di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

BACA JUGA:
200 Gamer Berkompetisi di Shopee Fire Cup

Untuk itu, Shopee menghadirkan page khusus dengan tombol khusus bagi pembeli pria. Hanya satu kali klik, pembeli akan bisa langsung masuk dan melihat ribuan produk dari 400 brand ternama khusus pria yang terbagi dalam 14 kategori.

Kategori tersebut mulai dari elektronik, gaming, audio & video, fotografi, olahraga, outdoor, hobi & koleksi, fashion, otomotif, sampai perawatan pria. Adapun tiga brand yang turut meramaikan acara peluncuran Shopee for Men adalah produk perawatan Nivea for Men, perlengkapan aktivitas outdoor Eiger, dan merek sepatu asal Bandung Brodo.

BACA JUGA:
Mulai Dijual, Ini Harga Infinix Hot 6X

“Range produk yang dihadirkan beragam, motor pun ada,” kata Rezki.

Di Shopee sendiri, kata Rezki, pembeli pria menunjukkan kenaikan dua kali lipat dari tahun lalu (H12017 – H1 2018). Kenaikan itu dipicu ketika Shopee menghadirkan produk digital seperti pulsa, PLN, dimana mayoritas atau 90 persen yang beli itu laki-laki, termasuk voucher game online.

“Perilaku belanja antara pria dan wanita juga berbeda. Pembeli pria ‘straight forward’. Mereka tahu apa yang mau dibeli. Mereka tidak membuang waktu untuk browsing-browsing,” ungkap Rezki.

BACA JUGA:
Gandeng Shopee, HP Tawarkan Promo Khusus

Selain itu, rata-rata nilai transaksi pria dibandingkan peremupuan itu dua kali lipatnya. Karena perempuan suka beli yang kecil-kecil, dimana hobi laki-laki itu kadang mahal.

Ketika ditanya apakah Shopee For Men menyediakan produk lawas atau bekas yang biasa menjadi hobi sebagian pria, Rezki menjawab tegas, “Tidak. Karena kami men-kurasi produk dengan produk berkualitas (saja).”