Friday, April 26, 2019
Home Devices Wearable Devices Apple Akan Patenkan Pendeteksi Gula Darah di Arloji Pintar

Apple Akan Patenkan Pendeteksi Gula Darah di Arloji Pintar

-

Jakarta,Selular.ID – Apple dikabarkan tengah mengembangkan jam pintar dengan pendeteksi gula darah pada jam pintarnya.

Sebuah dokumen paten yang beredar pekan lalu menjelaskan mekanisme teknologi yang sedang dikembangkan oleh Apple ini. Cara kerjanya mengandalkan absorption spectroscopy, di mana konsentrasi sebuah zat (glukosa) di dalam sebuah sampel (darah) diukur dengan memancarkan cahaya dengan properti -misalnya panjang gelombang atau tingkat energi- tertentu.

Perangkat ini digambarkan sebagai desain prototipe teknologi pemonitor glukosa. Sistem ini juga dideskripsikan sebagai teknologi yang padat, perangkat elektronik portable dan dapat dikolaborasikan dengan teknologi pengukur kadar substansi tertentu.

Dilaporkan MacRumors, Teknologi ini terdiri dari sistem penginderaan yang berfungsi sebagai penyerap spectroscopy atau ‘penginderaan jarak jauh’ yang mampu mengumpulkan data untuk pengukuran dua objek dengan proksimitas yang dekat. Ada kemungkinan terjadi ketidakakuratan yang diatasi dengan menggunakan beamsplitter atau ‘komponen pemecah cahaya menjadi beberapa semburat.

Alat ini juga terdiri dari detektor inframerah gelombang pendek, emiter cahaya, filter dan objek pencegah inakurasi lain. Dokumen paten tersebut tidak menjelaskan tipe substansi apa yang diukur alat ini.

Terkait hal ini menyatakan jika Apple memiliki tim insinyur rahasia pengembang proyek perangkat tersebut yang dibentuk 5 tahun lalu. Selain itu Tim Cook, CEO Apple Mei lalu menguji kadar gula darahnya melalui Apple Watch.

Apple pu berupaya mengatasi keterbatasan-keterbatasan  lewat sejumlah komponen, seperti beamsplitter, filter, dan detektor short-wavelength infrared (SWIR). Beamsplitter, misalnya, memecah cahaya ke beberapa jalur untuk melakukan pengukuran di tempat-tempat berbeda dalam sampel.

Hasilnya kemudian dikomparasi untuk  meminimalisir kesalahan pengukuran. Paten Apple yang bersangkutan pertama kali diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) pada 29 Agustus 2016 dan dipublikasikan pada 23 Agustus 2018. Layaknya teknologi yang masih berupa paten, masih belum diketahui kapan pendeteksi gula darah ini bakal mulai diterapkan di produk jadi.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest