(Kiri-kanan : Denny Galant dan Jo Semidang, IM Marketing Director Samsung Electronics Indonesia) Donnie (Kiri-kanan : Denny Galant dan Jo Semidang, IM Marketing Director Samsung Electronics Indonesia) Donnie Pratama Putra/Selular.ID

Jakarta, Selular.ID – Data terbaru IDC menunjukan bahwa Samsung masih menjadi pemimpin dalam Top 5 Company Shipments selama kuartal satu (Q1) 2017 hingga kuartal satu (Q1) 2018. Total shipment smartphone Samsung selama Q1 2018 sebesar 78.2. Dibandingkan Q1 2017, total shipment produk Samsung mengalami penurunan di Q1 2018. Di Q1, total shipment Samsung mencapai 80.1.

Market share Samsung selama Q1 2018 mencapai 23.4%. Sementara pada Q1 2018, market share Samsung sebesar 23.3%. Total keseluruhan shipment dan market share per tahunnya, Samsung mengalami penurunan sebesar -2.4%.

BACA JUGA:
Babak Baru Pertarungan Samsung Vs Xiaomi

Namun, penurunan ini tak menyulutkan niat Samsung untuk memboyong produk flagship terbaru mereka ke Indonesia yakni Galaxy Note 9.

“Kita masih memimpin market share di kelas premium secara global. Di global, pasar Samsung di global rata-rata 70% untuk produk premium. Kami lebih fokus ke Indonesia,” ucap IT & Mobile Product Marketing Head Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant disela peluncuran Samsung Galaxy Note 9 di bilangan SCBD, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

BACA JUGA:
Market Share Cuma 0,8%, Samsung Tutup Pabrik Ponsel di China

Sayangnya, tidak disebutkan Denny jumlah market share dan total shipments produk Samsung di Indonesia. Tak dijelaskan pula kenapa market share Samsung secara global menurun sebesar -2,4%. Disampaikan Denny pangsa pasar ponsel premium di Indonesia masih berkembang.

“Respon masyarakat Indonesia terhadap Galaxy Note 9 sangat luar biasa. Ini terbukti dengan pre-order Galaxy Note 9 yang sudah sold out,” jelas Denny.

Ketika ditanya soal kompetitor yang membuat penurunan market share Samsung secara global, Samsung tidak merasa tersaingi oleh vendor ponsel lain.

BACA JUGA:
Smartphone 4 Kamera Samsung Melenggang di Pasar Indonesia

“Buat kita produk kompetitor dengan inovasi nya itu sangat bagus. Ini memacu kita untuk terus membuat inovasi baru dalam produk Samsung,” terangnya.

Samsung optimis bahwa Galaxy Note 9 laris manis di pasar Indonesia.

“Target kita untuk penjualan Galaxy Note 9 ya sebanyak-banyaknya,” tegas Denny.

Lagi-lagi tidak disebutkan target penjualan Galaxy Note 9 di Indonesia. Apakah penjualan Samsung Galaxy Note 9 sukses di pasar Indonesia ? Serta kembali mendulang kesuksesan seperti masa pre-order yang sudah sold-out ?