Apps Enterprise News

Update iOS 11.4.1 Gulirkan Fitur USB Restricted, Ini Keunggulannya

Jakarta,Selular.ID – Apple baru-baru ini telah merilis IOS 11.4.1. Baberapa fitur pun digulirkan, salah satunya USB Restrictive Mode.

FItur itu berfungsi untuk melindungi iPhone dari USB yang digunakan oleh polisi atau pihak ketiga lain untuk menembus passcode pada iPhone dan menghindari perlindungan enkripsi dari Apple.

Hal ini dilakukan Apple, terkait perlindungan keamanan di setiap produk Apple. Yakni untuk membantu pelanggan melindungi diri dari hacker, pencuri identitas dan ancaman ke data pribadi mereka.

Biasanya, iPhone akan menghapus data yang dibawanya setelah sepuluh kali percobaan menebak kode sandi. Namun, mesin cracking tersebut menggunakan port Lightning pada iPhone untuk mengakali hal ini.

Fitur ini ada pada menu Settings di bawah opsi Face ID (atau Touch ID) & passcode. Di sini, Anda akan melihat opsi baru: USB Accessories. Secara default, opsi itu berada dalam keadaan nonaktif.

Baca juga :  Percepat Transformasi Digital Indonesia Ini yang Dilakukan Kominfo dan Gojek

Keputusan Apple untuk menambahkan USB Restricted Mode memang meningkatkan keamanan data pengguna. Namun, hal ini bisa membuat mereka dibenci oleh kepolisian atau badan lain yang ingin mendapatkan informasi yang tersimpan dalam iPhone yang menjadi barang bukti. Seperti dilaporkan PC Mag.

Terkait hal itu, sejauh ini Apple belum memberikan informasi. Apple hanya menyebutkan bahwa perangkat yang dapat menerima pembaruan tersebut adalah perangkat iPhone 5s dan yang lebih baru, iPad mini 2, iPad Air dan yang lebih baru, dan iPod touch.

Baca Juga:Apple Tinggalkan Intel Untuk Modem iPhone di 2020?

Fitur ini diaktifkan secara default dan dapat dinonaktifkan dengan masuk ke Settings > Face ID (or Touch ID) & Passcode > USB Accessories; beralih ke “On” untuk menonaktifkan USB Restrictive Mode.

Baca juga :  Pengguna Iphone Waspada, Getaran Bisa Mempengaruhi Kinerja Kamera  

About the author

Yuni Riadi

Leave a Comment