Sunday, August 18, 2019
Home Tips Tiga Langkah Mudah Pulihkan Password Windows 10

Tiga Langkah Mudah Pulihkan Password Windows 10

-

Jakarta, Selular.ID – Password adalah bagian yang cukup penting yang berperan untuk menjaga suatu objek tetap aman baik itu akun pribadi, sistem komputer, atau yang lainnya.

Tapi, bagaimana jika kalian lupa password? Kali ini, Selular.ID akan membahas bagaimana caranya memulihkan password pada Windows 10 menggunakan iSunshare Windows Passsword Genius.

Cara ini tidak akan menghapus data-data penting yang terdapat didalam HDD. Untuk medianya, kalian hanya memerlukan CD atau Flashdisk, komputer sekunder atau kedua, dan software iSunShare Windows Password Genius. Berikut 3 langkah mudah untuk memulihkan password Windows 10.

1.Buat Password Reset Disk

Kalian harus memasang iSunShare Windows Password Genius ini pada komputer yang lain. Setelah itu, jalankan program seperti biasa, dan menu akan meminta apakah kalian akan menggunakan CD atau flashdisk.

Sebelumnya, kalian harus memformat CD atau flashdisk untuk digunakan memulihkan password. Pastikan tidak ada data penting yang berada didalamnya. Jika ada, sebaiknya lakukan back up terlebih dahulu di komputer lain.

CD atau flashdisk akan berfungsi sebagai disk boot atau disk reset. Jika kalian sudah memilih opsi apa yang digunakan (disini saya berasumsi bahwa kalian menggunakan flashdisk), selanjutnya pilih lokasi disk untuk memulai pembakaran.

Cara memulihkan password windows 10

Akan ada pemberitahuan apakah kalian ingin memformat perangkat yang digunakan sebagai disk boot ini atau tidak. Ini adalah kesempatan terakhir kalian untuk melakukan back up data penting sebelum melakukan format sebelum kehilangannya secara permanen. Klik oke untuk melanjutkan. Proses ini tidak akan memakan waktu yang lama.B

2. Boot Komputer Terkunci dengan Disk Reset

Sekarang, masukan disk reset kedalam komputer  yang lupa password, lalu nyalakan. Saat perangkat sedang melakukan booting, tekan berulang kali tombol opsi boot.

Setiap perangkat komputer memiliki tombol opsi yang berbeda. Untuk laptop HP, tombol boot biasanya terdapat pada tombol F9 atau Esc. Sedangkan untuk Acer, Lenovo, ThinkPad, Samsung, dan Toshiba, biasanya selalu terdapat pada tombol F12. Kalian juga bisa cari tombol apa yang harus digunakan untuk memasuki menu boot pada komputer kalian menggunakan Google.

Jika sudah memasuki menu boot, pilih disk yang akan kalian gunakan untuk memulihkan password.

Lupa password windiws103. Reset Password

Kalian akan menemukan antarmuka dari aplikasi iSunShare jika telah melakukan langkah diatas dengan benar. Di dalam antarmuka, kalian harus memilih versi Windows yang saat ini dipasang di komputer. Kalian juga akan disuguhi daftar pengguna didalamnya.

Selanjutnya, pilih pengguna mana yang kalian ingin reset password-nya, lalu klik tombol “Reset Password”. Akan ada dialog muncul yang akan menanyakan apakah kalian ingin mengatur ulang kata sandi pengguna yang dipilih menjadi “kosong?”. Jika sudah yakin, klik ya untuk melanjutkan.

Jika proses berhasil, kalian akan melihat bahwa kolom kata sandi yang tadinya ditandai sebagai “Tidak diketahui” menjadi “kosong”. Dengan begitu, berarti kalian sudah berhasil memulihkan password komputer.

Terakhir, klik tombol reboot, dan notifikasi akan memberi tahu kalian bahwa sekarang sudah aman untuk mengeluarkan disk reset yang digunakan untuk pemulihan kata sandi. Lepaskan disk tersebut, lalu klik Ya untuk melakukan reboot komputer dengan kata sandi yang sudah dipulihkan.

Terlepas dari membawanya ke tempat service, kalian bisa melakukannya sendiri dirumah. Data-data berharga kalian pun tidak akan hilang.

Latest