Jakarta, Selular.ID – Qualcomm meluncurkan modul antena yang terintegrasi pertama dengan 5G NR mmWave dan sub-6GHz. Dilansir MobileWorldLive, modul antena bernama QTM052 mmWave ini mampu mengaktifkan jaringan 5G pada smartphone dan mendukung perangkat seluler 5G pada 2019 mendatang.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Qualcomm Cristiano Amon menyebut peluncuran modul antena ini memiliki peranan penting bagi industri seluler.

Hal senada juga diungkapkan oleh Qualcomm Director of 5G Product Marketing, Sherif Hanna kepada Mobile World Live.

BACA JUGA:
Huawei Sudah Kantongi Nama Untuk Ponsel Layar Lipatnya

“Modul antena ini mampu bekerja dengan modem X50 5G yang diluncurkan Oktober 2016 lalu. X50 berfungsi sebagai otak perangkat. Sedangkan modul antena QTM052 mmWave akan bertindak sebagai mata dan telinga perangkat.

QTM052 mmWave terdiri dari empat antena mmWave dengan beam forming, beam steering dan beam tracking technology serta radio transceiver untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan filter untuk menentukan band frekuensi yang tepat.

Seorang analis dari ABI Research mengatakan bahwa hal yang paling mengejutkan tentang peluncuran itu adalah masalah kecepatan dan tantangan lain yang telah berhasil ditangani Qualcomm.

BACA JUGA:
Guo Ping : Tanpa Huawei, 5G Seperti NBA Tanpa Pemain Bintang

Qualcomm juga menawarkan varian modul yang berbeda yang mendukung hingga 800MHz spektrum dalam band 26,5-29,5 GHz, serta band 27,5-28.35GHz dan 37-40GHz. Qualcomm juga meluncurkan varian modul baru 5G sub-6GHz dengan dukungan untuk band 3.3-4.2GHz, 3.3-3.8GHz dan 4.4-5.0GHz.

Pada bulan Februari, 19 perangkat OEM diresmikan untuk menggunakan modem X50 dalam produk 5G mereka mulai tahun 2019.

BACA JUGA:
Setelah China, Apple Tak Boleh Jualan iPhone di Jerman

Hanna mengatakan tidak semua perusahaan di daftar tersebut memiliki perangkat yang mendukung teknologi mmWave. Ini tergantung pada wilayah target, dan perangkat dengan sub-6GHz 5G. Namun perusahaan dari daftar tersebut berencana untuk mengadopsi teknologi mmWave.

Sebagian besar OEM tidak pernah menggunakan teknologi mmWave sebelumnya. Mereka mengatakan bahwa Qualcomm telah bekerja dengan mereka untuk mendesain perangkat generasi berikutnya yang mengadopsi teknologi mmWave.