Wednesday, October 21, 2020
Home Apps Pemerintah Akan Buka Blokir Tik Tok, Ini Syaratnya

Pemerintah Akan Buka Blokir Tik Tok, Ini Syaratnya

-

Jakarta, Selular.ID – Layanan berbagi video, yang sedang populer dan digemari pengguna smartphone Tik Tok resmi diblokir di Indonesia pada Selasa (03/07/18).

Pemblokiran itu pun dikatakan Semuel Abrijani Pangerapan (semmy), Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersifat sementara.

Menurut Semmy, untuk sementara tetap diblokir sampai pengelola Tik Tok memenuhi beberapa syarat utama. Syarat yang harus dipenuhi Tik Tok agar tetap bisa diakses, diungkapkan Semmy yaitu berkomitmen menjaga konten positif dan menghindari negatif.

Tidak hanya itu saja, dikatakan Semmy Tik Tok harus memiliki tim monitoring di Indonesia, memiliki pusat monitoring di Indonesia, serta berkomitmen melaksanakan hal- hal yang diminta berkenaan konten negatif dengan respon yang cepat.

Kominfo dikatakan Semmy, sudah dihubungi, dan semua tergantung dari Tik Tok langkah selanjutnya.

“Sejak diblokir saya harus cek staf di kantor dulu, karena pemblokiran baru satu hari, kita tunggu respon dari Tik Tok dulu,” ujar Semmy melalui pesan singkat kepada Selular.id

Semmy pun menyebutkan kalau Kominfo sudah hubungi Tik Tok dan semua tergantung dari Tik Tok langkah selanjutnya, Semmy mengatakan pemblikiran akan tetap dilakukan sampai mereka memenuhi hal di atas

Sebagai informasi, Kominfo telah melakukan pemblokiran aplikasi Tik Tok dengan 8 DNS nya, pemblokiran didasari hasil pemantau Tim AIS Kominfo, pelaporan dari Kemen PPA, KKPAI, dan laporan masyarakat.

Baca Juga:Ini Alasan Pemerintah Blokir Tik Tok

Semmy menambahkan, pelanggaran konten yang diketemukan antara lain, pornografi, asusila, pelecehan agama, dan lain-lain. Pemblokiran bersifat sementara sampai ada perbaikan dan pembersihan konten-konten ilegal dari pihak Tik Tok.

Latest