Jakarta, Selular.ID – Smartphone penerus Nova 2i dari Huawei akhirnya resmi di Indonesia. Huawei Nova 3i mulai tersedia bagi konsumen tanah air pada 31 Juli hingga 7 Agustus 2018 melalui pre order di Lazada dan Erafone dengan harga Rp4.199.000.

Penasaran dengan produknya? Berikut hands on Selular.ID pada perkenalan Huawei Nova 3i.

1Desain

Mengikuti tren, Huawei Nova 3i mengusung poni di layar atau notch. Tepat di area hitam layar paling atas, berjejal sejumlah komponen, yakni dua kamera selfie, earpiece untuk voice call, serta sensor jarak dekat.

Permukaan depan Huawei Nova 3i didominasi layar. Bentang layarnya adalah 6,3 inci LTPS Display resolusi Full HD+ dengan aspek rasio 19.5:9.

Berputar ke bagian belakang, terdapat kamera ganda lengkap dengan LED Flash yang tersusun vertikal di sudut atas (mirip dengan penempatan kamera Huawei P20 Pro), serta sensor fingerprint di bagian tengah.

Untuk memasukkan dua SIM card format nano pada Huawei Nova 3i, Anda harus menggunakan pin ejector. Slot SIM terdapat di sayap kanan layar smartphone. Sementara di sayap seberang terdapat volume rocker dan tombol power.

Slot Huawei Nova 3i bersifat Hybrid. Pengguna harus memilih antara menggunakan dua SIM card sekaligus atau 1 SIM card bersama kartu memori.

BACA JUGA:
Huawei Kembangkan Teknologi  Cepat Tanggap Tanggulangi Bencana Alam

Di bagian kaki, terdapat port charge versi universal (microUSB) bersama corong speaker, jack audio 3,5 mm serta mikrofon.

2Performa

Lebih unggul dari varian sebelumnya, Nova 3i menggunakan chipset terbaru Kirin 710 besutan perusahaan. Huawei Nova 3i menjadi perangkat pertama di dunia yang menggunakan chipset tersebut.

Chipset Huawei Kirin 710 menggunakan ukuran 12nm dan diklaim konsumsi energi lebih efisien, dengan performa 2 kali lipat daripada CPU sebelumnya dan kinerja GPU 2.26x lebih baik.

Huawei Nova 3i menggunakan prosesor Octa-core yang terbagi dua, 4-core Cortex A73 melaju di kecepatan maksimal 2.2GHz dan empat lainnya Cortex A53 berlari dengan speed 1.7GHz.

Hanya ada satu varian konfirgurasi, Huawei Nova 3i mempunyai RAM 4GB dengan storage 128GB dan opsi ekspan hingga 256GB.

3AI Fotografi

Kalau dulu dual camera selfie di Nova 2i hanya untuk Bokeh, sekarang di Nova 3i sudah ada fitur kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence) di kamera depan dan belakang. Berkat AI, saat membidik objek, Huawei Nova 3i akan mengenali sejumlah objek. Saat ini kamera belakang bisa mendeteksi hingga 22 kategori untuk lebih dari 500 skenario.

Kamera depan juga ada dua yakni 24MP Fusion Pixel f/2.0 dan 2MP Fixed Focal Length. Beberapa fitur yang dihadirkan di Huawei Nova 3i antara lain AI Scenery Recognition, AI Beauty Algorithm, HDR Pro, Low Light Solution, 3D Portrait Lighting, dan AR Fun Selfies.

BACA JUGA:
Huawei P Smart 2019 Meluncur Sebelum Akhir Tahun 2018

Perlu dicatat, untuk menikmati fitur AI Scenery Recognition di Huawei Nova 3i, pengguna harus mengaktifkan fitur di menu pengaturan kamera. Jadi kamera bisa mendeteksi objek dan latar belakang secara real time.

Fitur AI juga tersedia di kamera belakang Huawei Nova 3i yang dibekali sensor 16MP f/2.2 dan 2MP lengkap dengan PDAF, CDAF, dan Auto-Focus. Huawei Nova 3i bisa merekam video slow motion sampai dengan 16x pada 480fps dan 4x slow motion 120fps.

Khusus di kamera depan, tersedia fitur AR Qmoji untuk membuat emoji 3D sendiri dengan sejumlah karakter binatang yang sudah disediakan. Juga ada 3D Object menggunakan AR untuk menambah ‘warna’ pada fotografi pengguna.

Menggunakan EMUI baru, menu kamera juga berbeda dari smartphone sebelumnya. Saat mengambil gambar menggunakan Huawei Nova 3i, pengguna akan mendapat fitur AI Assisted Composition, sehingga foto tidak miring saat mengambil gambar.

4UI

Huawei Nova 3i mengadopsi OS Android 8.1.0 Oreo dengan user interface EMUI 8.2. Pada EMUI versi terbaru ini, Huawei Nova 3i membawa sejumlah fitur baru antara lain Dual-microphone Noise Reduction, Huawei Histen Sound Algorithm, serta Bluetooth 4.2.

BACA JUGA:
Bertema Cityscape Photography, Huawei Nova Academy Kembali Digelar

Kemudian Huawei Nova 3i juga mengusung fitur keamanan terkini seperti Face Unlock 360 dan Fingerperint.

Serta ada fitur yang akan disukai pengguna zaman now yakni 3D Qmoji, yaitu stiker emoji besutan Huawei sendiri untuk fun selfie.

Selain itu, Huawei Nova 3i sudah mendukung jaringan Dual 4G On. Sehingga saat berpindah layanan operator, tidak perlu seting ulang jaringan 4G, karena sudah otomatis 4G dua-duanya.

5GPU Turbo*

Vendor menjanjikan Huawei Nova 3i akan mendapat kemampuan GPU Turbo beberapa bulan mendatang. Fitur tersebut akan sangat berguna bagi Anda penyuka mobile game di smartphone.

Dengan adanya GPU Turbo, konsumsi baterai Huawei Nova 3i menjadi lebih efisien dan grafis lebih smooth saat bermain game. Tidak ada lag. Tidak ada freeze.

Urusan ketahanan, vendor membekali Huawei Nova 3i dengan baterai tanam sebesar 3340mAh yang diklaim mampu bertahan selama satu hari penuh penggunaan normal.

6Harga

Di Indonesia, Huawei Nova 3i tersedia dalam dua warna yaitu violet dan black dengan RAM 4GB dan storage 128GB. Harganya sendiri adalah Rp4.199.000 dan sudah bisa dipesan konsumen tanah air mulai hari ini (31/7/2018) sampai 7 Agustus 2018 melalui Lazada dan Erafone.