Friday, May 24, 2019
Home Apps Benarkah Fuchsia Akan Gantikan Android?

Benarkah Fuchsia Akan Gantikan Android?

-

Jakarta,Selular.ID – Nama OS Fuchsia sempat disebut-sebut sebagai produk baru Google. Kemunculannya setelah adanya Android dan Chrome membuat banyak orang penasaran, apa yang akan dilakukan Google pada OS ini.

Kabar kehadiran OS Fuchsia, sudah hadir sejak tahun lalu.Menjawab hal ini, Dave Burke VP Engineering Android Google kala itu mengiyakan jika banyak yang tertarik dengan OS Fuchsia. Namun sejatinya, Fuchsia hanya salah satu proyek eksperimen Google.

Kini, kabar tersebut kembali berhembus. Dilaporkan Tech Radar, Google diketahui tengah mengembangkan sistem operasi baru bernama Fuchsia OS. Informasi terbaru menyebut sistem operasi ini digadang untuk menggantikan Android.

Seorang engineer yang bekerja pada proyek Futhsia menyebutkan Google sangat fokus mengembangkan sistem operasinya itu.

Jumlah tim yang menggarap pun makin berkembang. Sejak dimulai pengembangannya hingga kini, Google telah menempatkan 100 engineer dalam proyek tersebut. Bahkan Martin Duarte,  eksekutif desain ikut di dalamnya meski paruh waktu.

Namun kabar lain mengatakan, Google tidak benar serius mengembangkan OS Fuchsia. Perusahaan yang dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin itu membuat Fuchsia agar para engineer Google tetap sibuk dan tidak mencari peluang kerja di tempat lain.

Sebagai informasi, Fuchsia menampakkan diri dalam bentuk bocoran antarmuka sistem operasi (UI) berkodenama “Armadillo”. Homescreen Fuchsia menampilkan kartu-kartu atau cards yang bisa digulir secara vertikal.

Di bagian tengah layar ada semacam tempat untuk foto profil pengguna, tanggal, nama kota, dan ikon baterai. Di atasnya terdapat kartu stories yang berfungsi seperti recent apps di Android.

Berbeda dari Android dan Chrome OS sebelumnya, Fuchsia tak menggunakan kernel Linux, tapi microkernel baru bernama Magenta yang dikembangkan oleh Google. Dikabarkarkan Magenta menyasar ponsel dan PC modern dengan prosesor berkinerja tinggi.

Google juga masih sangat merahasiakan lebih jauh soal Fuchsia. OS baru tersebut mungkin masih butuh waktu sebelum siap dilepas. Itu pun kalau benar akan dirilis.
Tapi tetap ada kemungkinan Fuchsia akan menjadi penerus Android atau Chrome OS. Android dulu juga bermula sebagai sistem operasi yang dikembangkan untuk kamera digital.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest