Thursday, October 24, 2019
Home News Telco Tinggalkan Bisnis Telekomunikasi, SoftBank Fokus Sebagai Perusahaan Investasi Unicorn

Tinggalkan Bisnis Telekomunikasi, SoftBank Fokus Sebagai Perusahaan Investasi Unicorn

-

Jakarta, Selular.ID – Chairman dan presiden SoftBank Masayoshi Son berjanji untuk mengalihkan perhatiannya terhadap investasi di perusahaan-perusahaan bertumbuh tinggi, setelah sebelumnya mendedikasikan 97 persen waktunya untuk berkutat di sektor telekomunikasi.

Berbicara dalam RUPS perusahaan yang digelar belum lama ini, Son mengatakan bahwa ia akan menempatkan fokus khusus pada investasi di perusahaan-perusahaan unicorn (didefinisikan sebagai start-up yang telah mencapai valuasi lebih dari USD1 miliar).

“Dalam sepuluh tahun terakhir, saya telah berfokus pada bisnis telekomunikasi. Hampir semua waktu dan otak saya dialokasikan,” kata Son. Dengan beralih ke 97 persen fokus pada investasi, ia yakin perusahaan dapat mencapai rencana pertumbuhan ambisius.

Salah satu elemen kunci untuk strategi masa depan perusahaan adalah SoftBank Vision Fund (SVF), sebuah kendaraan investasi yang didirikan pada 2016 dengan berbagai pendukung internasional. Perusahaan telah menarik USD93 miliar dalam pendanaan, termasuk saham dimasukkan ke dalam oleh SoftBank itu sendiri.

SVF memegang saham di 38 perusahaan termasuk perusahaan teknologi chip milik SoftBank, Arm, alat komunikasi perusahaan Slack, penyedia pembayaran mobile Paytm dan penantang e-commerce Flipkart.

Son mengatakan fokus barunya akan membantu membawa perusahaan kembali ke visi aslinya ketika ia mendirikan SoftBank pada 1981 dan mendorong sasarannya yang dipublikasikan dengan baik selama 300 tahun pertumbuhan di masa depan.

Baca juga: Didi Chuxing dan SoftBank Jadi Investor Utama Grab di Pendanaan Terbarunya

Selama RUPS, pemegang saham menyetujui pengangkatan tiga EVP baru : Rajeev Misra, CEO saat ini perusahaan mengawasi SVF; Katsunori Sago, yang sejalan juga menjadi SoftBank ini CSO dan kepala investasi pada 1 Juli, dan mantan CEO Sprint Marcelo Claure, yang ditetapkan untuk menjadi COO perusahaan dan kepala bisnis global pada tanggal yang sama.

Latest