Jakarta,Selular.ID – 4G merupakan hasil dari pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Ada terdapat 2 kandidat standar 4G yang telah dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMax dan standar Long Term Evolution atau yang biasa kita sebut LTE.

Di Indonesia sendiri, 4G LTE sudah diluncurkan sejak lama. Teknologi pertama kali diluncurkan oleh PT. Internux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE sejak November 2013 lalu. Walaupun umur peluncurannya sudah terbilang lama, masih saja jaringan 4G masih sedikit sulit untuk didapatkan di daerah-daerah yang jauh dari kota besar.

Hal ini pun membuat jaringan 4G di daerah tersebut menjadi tidak stabil. Sebenarnya, ada cara yang mudah untuk mengatasi hal ini. Berikut adalah 3 cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat jaringan 4G menjadi stabil.

BACA JUGA:
Trik Jitu Abadikan Momen Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dengan Kamera Oppo A7

Cara Membuat Sinyal 4G Stabil

Sebelum melakukan cara dibawah ini, pastikan kalau smartphone dan kartu SIM kalian sudah mendukung jaringan 4G. Jika sudah, langsung saja simak dibawa ini.

  1. Gunakan mode pesawat

Pasti kalian sempat berpikir apa hubungannya mode pesawat dengan jaringan 4G. Tetapi sebenarnya, mode airplane cukup ampuh dalam membuat jaringan menjadi 4G. Caranya adalah, kalian tinggal mengaktifkan mode pesawat. Setelah itu non-aktifkan kembali mode pesawat untuk me-refresh jaringan.

Saat kalian mengaktifkan mode pesawat, secara otomatis semua jaringan yang ada pada ponsel kalian akan mati termasuk Bluetooth dan lainnya. Dan saat kalian matikan, ponsel kalian akan secara otomatis mencari jaringan baru

  1. Reboot smartphone
BACA JUGA:
Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Smartphone

Tidak stabilnya jaringan 4G bisa saja terjadi karena sistem yang bekerja secara tidak normal. Untuk itu, kalian bisa melakukan reboot pada smartphone untuk membuat sistem bekerja secara normal kembali.

  1. Mode seteljaringan

Setiap ponsel mempunyai cara yang berdeda untuk masuk ke mode untuk menyetel jaringan ini. Bagi kalian pengguna Xiaomi, cara untuk masuk ke mode ini adalah dengan masuk ke aplikasi telepon, dan panggil nomor *#*#4636#*#*#.

BACA JUGA:
Ingin Nomor WhatsApp Lebih Privasi? Lakukan Hal Ini

Jika sudah, kalian akan dialihkan ke mode tersebut. Pilihlah SIM yang kalian gunakan untuk internet, misal SIM 1. Setelah itu, cari opsi yang bertuliskan “TD-SCDMA, GSM/WCDMA, 4LTE”. Klik opsi tersebut dan ubah ke “4G LTE Only”. Dengan begitu, jaringan ponsel kalian akan stabil pada jaringan 4G.

Jika setelah melakukan ketiga cara tersebut dan jaringan 4G kalian masih buruk atau tidak stabil, mungkin penyebabnya adalah dari ponsel, kartu SIM, atau wilayah kalian yang belum mendukung jaringan 4G.

Artikel lain:

Mengatasi Sinyal Smartphone yang Kerap Hilang

4 Tips Ampuh Tingkatkan Performa Smartphone

Untuk Pemula, Perhatikan 5 Tips Terbangkan Drone