Jakarta, Selular.ID – Sinyal yang hilang atau lemah cukup mengganggu. Bukan hanya SMS dan telepon yang menjadi terhambat, melainkan pula koneksi internet yang lambat, putus, atau tidak ada akses internet (no internet access).

Masalah sinyal memang tidak bisa dihindari. Kendati begitu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalisir hal itu, berikut yang Selular.id rangkum:

Restart Wi-Fi

Kebanyakan masalah koneksi internet, khususnya sinyal yang mudah mati, disebabkan oleh router Wi-Fi yang kurang stabil, atau sinyal operator yang kurang kuat. Solusi yang bisa diambil adalah dengan me-restart router Wi-Fi. Bagi pengguna Wi-Fi, cobalah untuk me-restart router ketika sinyal tiba-tiba hilang. Hal ini mungkin bisa menjadi solusi jika router kurang kuat untuk menyala atau aktif lebih lama.

Baca Juga:  Cara Maksimalkan Pengolahan Data Untuk Bisnis Di Bulan Ramadhan

Nyalakan Airplane Mode, Lalu Matikan Lagi

Bagi pengguna internet yang mengambil data selular sebagai sumber koneksi internet, mungkin perlu menyalakan mode pesawat sebentar. Kemudian setelah beberapa detik, matikan mode pesawat dan tunggu apakah sinyal di smartphone meningkat.Jika ternyata sinyal masih hilang atau lemah, kemungkinan penyebabnya adalah adanya perbaikan dari operator, smartphone atau wilayah tidak mendukung tipe jaringan (seperti 4G/3G), dan berbagai penyebab terkait dengan kartu SIM, operator, atau ISP.

Sesuaikan Jaringan

Sebagian smartphone atau operator memiliki sensitivitas pada penangkap sinyalnya. Sinyal mungkin harus menyesuaikan tipe jaringan dan APN yang sedang digunakan dengan tepat. Apabila membeli paket internet 4G namun tidak mendukung 4G, maka belilah paket 3G atau paket internet lain dengan tipe jaringan yang mendukung. Apabila 4G tidak didukung ke tempat sekitarmu, ganti paket dengan tipe jaringan 3G.Kalau yang dibeli adalah paket 3G namun setting-an jaringan di-set ke 2G, maka ubah dulu setting-annya. Kalau ternyata APN yang diminta operator salah masukkan, perbaiki APN-nya.

Baca Juga:  Cara Menghemat Baterai Windows 10

Atur Setting-an

Kebanyakan pengguna tidak terlalu memerhatikan setting-an jaringan yang digunakan. Sinyal yang lemah atau hilang tiba-tiba dapat disebabkan oleh settings jaringan yang salah, APN belum dimasukkan, atau tipe jaringan tidak sesuai.Di Android, mengubah setting-an jaringan dari kartu SIM sangatlah mudah. Buka Settings > SIM cards & mobile network > (nama provider).

Ke Ruang Terbuka

Jika berada di dalam ruang dan tiba-tiba sinyal 4G hilang, kemungkinan besar smartphone sedang tIdak bisa menangkap penuh sinyal 4G di tempat tersebut. Salah satu hal yang bisa dilakukan saat berada dalam kondisi seperti ini adalah dengan pindah ke luar ruangan. Dengan demikian, sinyal 4G akan muncul kembali dan bisa digunakan untuk internet-an.

Baca Juga:  Gunakan Aplikasi Ini untuk Menemukan Judul Lagu

Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Jika menggunakan aplikasi penguat sinyal 4G terbaik pada smartphone, sinyal yang ada pada smartphone tidak akan gampang hilang secara tiba-tiba. Aplikasi-aplikasi semacam ini bisa ditemukan di toko aplikasi Google.