Jakarta, Selular.ID – BlackBerry Messenger atau BBM kembali merilis versi terbaru di Google Play dan akan segera tersedia di App Store hari ini (14/2). Versi ini memungkinkan pengguna untuk mendapat fungsi lebih baik di obrolan Grup, termasuk pesan suara dan dukungan untuk pesan berkapasitas besar, kemampuan untuk membuat Timeline pengguna terbuka untuk umum, kembalinya layar emoji klasik untuk Android, dan banyak lagi.

Sebagai informasi, hampir semua fitur baru di BBM ini sudah tersedia di aplikasi messaging lain seperti WhatsApp, Line, dan Facebook Messenger. BBM hanya mengejar ketinggalan di sini.

1Fitur Pesan Suara

Sekarang pengguna dapat mengirim pesan audio ke beberapa kelompok kontak dengan fitur pesan suara. Fitur ini sangat efektif saat pengguna sedang berkendara di jalan yang bergelombang, tidak punya waktu untuk mengetik, atau merasa bahwa kata-kata tidak cukup untuk mengekspresikan diri.

Cukup dengan menekan dan tahan ikon mikrofon di bawah panel keyboard, pesan suara sudah dapat terkirim. Sementara, untuk membatalkan cukup dengan menggeser saja. Pengguna akan diminta untuk membuka akses ke mikrofon smartphone jika sebelumnya pengguna belum pernah mengirim pesan suara dari BBM Messenger.

2Kapasitas hingga 65.000 Karakter

Kini, pengguna dapat mengirim pesan panjang di Grup, dimana BBM Messenger akan menampilkan 2.000 kata pertama dan menyembunyikan sisanya di balik tombol “Read More”. Penerima cukup menekan “Read More” untuk melihat pesan lengkap.

Batas pesan baru untuk Grup adalah 65.000 karakter. Pesan panjang memungkinkan pengguna mengutarakan setiap kata yang ingin disampaikan, dan pada saat yang sama mempermudah penelusuran Grup untuk mengikuti atau merekomendasikan obrolan.

3Penampil Gambar dan Video yang Didesain Ulang

BBM juga mendesain ulang penampil gambar dan video dalam Grup untuk menyertakan nama pengirim dan waktu mereka mengirim gambar atau video tersebut. Komentar muncul di halaman terpisah, cukup tekan untuk membuka halaman tersebut.

Dengan latar belakang putih, bukan hitam, membuat tampilan lebih bersih. Peningkatan ini juga berlaku untuk penampil dalam percakapan empat mata maupun dengan banyak orang, untuk memberi pengguna pengalaman yang lebih koheren.

4Timeline Pribadi Terpisah

Sekarang ada lebih banyak cara untuk mengakses Timeline orang lain sehingga pengguna dapat mengikuti perkembangan terbaru dari kontak favoritnya. Cukup klik gambar kontak di bagian komentar “Channel”, atau dari “Feeds”.

Selain itu, kini ada penambahan pengaturan privasi ke Timeline sehingga pengguna dapat mengontrol siapa melihat apa. Jika pengguna menyetel Timeline ke “Public”, maka tab “Post” pengguna akan terlihat oleh semua orang yang menggunakan BBM Messenger. Atur Timeline ke “Private”, agar hanya kontak pengguna saja yang dapat melihat “Post” dan “About”.

5Emoji Android Kembali

Panel keyboard emoji original untuk Android dikembalikan, dan semua pilihannya dipasang ulang. Beberapa bulan lalu, tampilan sempat diperbarui agar layar tidak terkesan sesak. Namun, kini BBM Messenger beralih ke versi klasik, karena banyaknya pengguna yang lebih menyukai versi lama, dengan lebih banyak tombol pengaturan yang dapat mereka lihat.

6Perbaikan Group

Versi terbaru ini juga mencakup perbaikan dalam proses untuk mengundang pengguna lain ke dalam obrolan dengan banyak orang, dan sebuah proses baru untuk memulai sebuah grup.

7Dukungan iPhone X

iPhone X melenggang di Indonesia Desember tahun lalu. Maka dari itu, BBM Messenger sekarang menyediakan dukungan layar penuh untuk iPhone X.

8Berbagi File Kualitas Tinggi

Kini BBM Messenger memberi pengguna pilihan untuk mengirim gambar dan video sebagai file dalam obrolan pribadi. Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan mengunduh dengan kualitas file lebih baik bagi pengguna yang memiliki kuota data lebih besar atau menggunakan Wi-Fi berkecepatan tinggi.

Baca juga: Ini 8 Fitur Baru BBM 2018

Sebelumnya, sejak awal 2017 BBM kian agresif menawarkan fitur baru yang menarik, layanan dan konten untuk pasar konsumen Indonesia dan global, seperti:
• Konten- streaming musik dan video, game, olahraga, berita, blog selebriti, dan horoskop.
• Commerce – belanja, hadiah, dan kupon/voucher
• Online to Offline Commerce – pemesanan tiket film, wisata, pelayanan kesehatan, perumahan atau lowongan pekerjaan
• Keuangan – pembayaran P2P, transfer uang, isi ulang ponsel, dan keperluan penagihan