Jakarta, Selular.ID – Pasar smartphone tanah air saat ini dibanjiri oleh produk dari Oppo dan Vivo. Kedua brand tersebut menjadi produk smartphone yang terbilang laris di Indonesia saat ini. Namun sepertinya mereka kini harus waspada terhadap ancaman yang datang dari rekan senegaranya, yakni Xiaomi.

Xiaomi baru saja menghadirkan smartphone terbarunya yang mengedepankan fitur layar beraspek rasio 18:9 pertamanya untuk pasar Indonesia yakni Redmi 5 Plus. Smartphone dengan layar kekinian tersebut sebelumnya menjadi jualan utama dua vendor yang disebutkan sebelumnya yakni Vivo yang menawarkan seri V7 Plus dan Oppo dengan seri F5-nya.

Yang membedakan smartphone besutan Oppo dan Vivo yang berlayar penuh ini dengan produk yang dihasilkan oleh Xiaomi adalah harga jualnya. Vivo membanderol smartphone V7 Plus dengan harga Rp4.699.000 dan Oppo melepas seri F5 ke pasaran dengan harga Rp3.999.000. Sedangkan Xiaomi hanya mematok harga Rp2.699.000 saja untuk produk dengan kapasitas RAM sama-sama 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Kecuali Oppo F5 yang hanya 32GB saja

Bentang layar yang ditawarkan Xiaomi pada perangkat Redmi 5 Plus berukuran 5,9 inchi dengan kualitas FHD+ sementara Vivo V7 Plus sama-sama menawarkan bentang layar 5,9 inchi hanya saja kualitas layarnya masih FHD. Sedangkan Oppo F5 sudah menawarkan kualitas layar FHD+ dengan bentang layar 6 inchi.

Perbandingan Redmi 5 Plus, V7 Plus dan F5

Perbedaan mencolok lainnya dari ketiga smartphone ini adalah dari segi kapasitas baterai. Xiaomi membenamkan baterai berkapasitas 4.000mAh pada Redmi 5 Plus, sedangkan Vivo V7 Plus dan Oppo F5 masing-masing hanya 3225mAh dan 3200mAh.

Baca juga: Smartphone Full Screen Xiaomi Hadir di Indonesia

Meski tidak mengkhususkan diri pada segmen selfie, Xiaomi Redmi 5 Plus menawarkan hasil foto selfie yang tidak kalah bagus dengan adanya LED Selfie Light pada kamera depannya. Selfi light ini memungkinkan pengguna untuk mengambil selfie dengan detail yang menakjubkan bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Dengan mode always-on, fitur ini juga berfungsi saat mengambil video. Dikombinasikan dengan Beautify 3.0 milik Xiaomi, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus bisa menghasilkan selfie yang tidak hanya bagus tapi juga terlihat natural.

Performa smartphone juga menjadi satu hal yang harus diwaspadai dalam persaingan ini. Jika Oppo dan Vivo pada perangkatnya masing-masing menggunakan prosesor Mediatek MT6763T dan Snapdragon 450, XIaomi Redmi 5 Plus menggunakan prosesor Snapdragon 625.

Jadi kalian akan pilih yang mana?