Monday, August 10, 2020
       
Home Devices Sejumlah Prosesor Baru AMD Melenggang di Computex 2018

Sejumlah Prosesor Baru AMD Melenggang di Computex 2018

-

Jakarta, Selular.ID – AMD memperkenalkan produk CPU dan GPU terbaru di gelaran Compuitex, Taipei, Taiwan yang berlangsung beberapa waktu lalu.

AMD memperlihatkan tampilan pertama performa GPU 7nm AMD Radeon Vega yang akan diluncurkan tahun ini, prosesor 12nm AMD Ryzen Threadripper Generasi kedua dengan hingga 32 core yang akan diluncurkan pada kuartal ketiga tahun ini.

Selain itu, AMD mengadopsi produk-produk Ryzen dan Radeon pada perangkat kelas konsumer premium OEM yang belum pernah ada sebelumnya.

AMD juga mengumumkan empat pencapaian terbaru dari prosesor EPYC yang meliputi ketersediaan langsung prosesor EPYC melalui Jasa Cloud Tencent, sebuah sistem soket tunggal HPE yang baru, detil platform server UCS Cisco pertama, dan dimulainya proses sampling generasi prosesor 7nm EPYC selanjutnya, dengan kode nama Rome pada paruh kedua 2018.

“Pada Computex 2018 kami mendemonstrasikan portofolio produk CPU dan GPU terkuat di industri ini menjadi jauh lebih kuat pada bulan-bulan kedepan. Produk-produk 7nm dan 12nm kami yang akan datang dibangun pada momentum prosesor-prosesor Ryzen, Radeon, dan EPYC milik kami. Ini menjadikan AMD pemimpin komputasi berperforman tinggi generasi selanjutnya di pasar mulai dari perangkat premium dan gaming hingga machine learning dan pusat data,” ujar AMD President and CEO Dr. Lisa Su melalui keterangan resminya.

Lini prosesor baru ini menghadirkan beberapa pembaharuan. Berikut ulasannya.

Pembaharuan Komputasi Klien

  • AMD menghadirkan demonstrasi pertama untuk umum bagi prosesor-prosesor AMD Ryzen Threadripper generasi kedua, keluarga produk AMD 12nm kedua yang menghadirkan hingga 32 core dan 64 thread. Prosesor Ryzen Threadripper Generasi Kedua dijadwalkan untuk diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2018 dengan kinerja luar biasa yang diharapkan pada proses rendering, pasca produksi, dan beban kerja encoding.
  • AMD memamerkan protofolio notebook dan sistem desktop premium terluasnya dari partner-partner OEM global dengan APU Ryzen, prosesor-prosesor desktop Ryzen Generasi Kedua, dan grafis Radeon.
  • AMD juga terus memperluas dan meningkatkan ekosistem desktop AM4 untuk prosesor desktop Ryzen dengan mengumumkan motherboard-motherboard berbasis chipset AMD B450. Dioptimalkan untuk prosesor desktop Ryzen Generasi Kedua, chipset B450 dirancang untuk memberikan keseimbangan hebat dari fitur-fitur, performa, dan nilai, yang akan tersedia dari partner-partner seperti ASRock, ASUS, Biostar, Gigabyte, dan MSI.

Sistem baru dari partner yang diperkenalkan termasuk:

  • Notebook Acer Predator Helios 500, desktop Predator Orion 5000 dan desktop gaming Nitro 50
  • Notebook ASUS VivoBook X505ZA dan X570ZD
  • Seri terbaru dari Dell Inspiron termasuk Inspiron 13 7000 2-in-1, notebook Inspiron 15 5000 dan desktop gaming Inspiron 7000
  • Notebook HP Envy x360 13 dan Envy x360 15
  • Notebook Huawei MateBook D 14
  • Notebook Lenovo Yoga 530, IdeaPad 530S, 330S dan 330

Pembaharuan Grafis dan Gaming

  • AMD memamerkan demonstrasi untuk umum pertama untuk GPU Radeon Vega berbasis teknologi pemrosesan 7nm yang dibuat khusus untuk aplikasi-aplikasi profesional maupun pusat data.
  • AMD mengumumkan bahwa sample Radeon Instinct 7nm berbasis arsitektur Radeon Vega sudah mulai diberikan ke pelanggan-pelanggan pertama dan akan diluncurkan baik dalam bentuk server maupun workstation bagi komputasi penting di paruh kedua 2018.

AMD juga memperlihatkan:

  • Kartu grafis Radeon RX Vega56 nano dari PowerColor yang memampukan performa antusias gaming di dalam ukuran yang kecil.
  • Adopsi teknologi Radeon FreeSync terbaru pada TV Samsung QLED 80 untuk permainan mulus tanpa tearing langsung dari sebuah PC bersenjata kartu grafis Radeon RX maupun sebuah konsol Microsoft Xbox One S atau Xbox One X.
  • Dukungan FreeSync dengan HDR sekarang tersedia pada game populer yang baru saja dirilis Ubisoft, Far Cry 5.

Pembaharuan Server

AMD mengumumkan pertumbuhan dalam penggunaan prosesor EPYC termasuk:

  • Penggunaan pada server UCS Cisco pertama pada varian tertinggi milik Cisco yang menawarkan 128% jumlah core lebih banyak, 50% jumlah server lebih banyak, dan 20% penyimpanan lebih banyak dalam setiap raknya.
  • Satu socket server HPE ProLiant DL325 Gen10 one yang sangat baru untuk aplikasi-aplikasi virtualisasi dan penyimpanan software dengan hingga 27% harga lebih murah untuk setiap mesin virtual daripada kompetitor dua soketnya.
  • Ketersediaan langsung dari jasa Cloud SA1 Tencent berbasis EPYC.
  • Generasi selanjutnya dari prosesor EPYC 7nm, dengan kode nama Rome dan menghadirkan arsitektur Zen2, sekarang sedang dijalankan di laboratorium AMD dan akan mulai disebarkan sampelnya bagi pelanggan pada paruh kedua tahun ini, sebelum diluncurkan pada tahun 2019.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest