Jakarta, Selular.ID – Slow motion alias video gerak lambat dapat memberikan nilai estetika yang mengesankan, dibutuhkan tehnik khusus untuk memberikan efek tersebut. Nvidia memiliki metode untuk mengubah rekaman video standar menjadi klip video gerak lambat yang jauh terperinci.

Perusahaan ini melatih neural network untuk mengisi frame yang hilang dan mensimulasikan video dengan framerate ultra-tinggi.

Nvidia saat ini telah mendorong teknologi AI, termasuk merilis chip bertenaga tinggi, untuk menggerakkan robot masa depan. Seperti dilaporkan The Verge.

Sehingga tidak perlu adanya fitur slow-motion, meskipun dimungkinkan untuk mengambil video 240 fps dengan ponsel, merekam pada frame rate tinggi tidak praktis. Karena membutuhkan memori yang besar dan sangat intensif untuk perangkat mobile.

BACA JUGA:
Colorful Luncurkan Kartu Grafis iGame GeForce RTX 2080 Ti Kudan

Mereka mengembangkan sistem pembelajaran baru untuk dapat mengkonversi video standar menjadi slow-mo, dengan menambahkan frame tambahan setelah video tersebut diambil. Hasilnya, akan mengubah video yang diambil pada 30 frame per detik menjadi sesuatu yang muncul sebagai video 240 fps.

Disebutkan, peneliti dari Nvidia akan membuat teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mengubah video biasa menjadi slow-motion.

Untuk melatih sistem, tim riset AI di Nvidia menjalankan “lebih dari 11.000 video sehari-hari dan olahraga yang direkam pada 240 frame per detik” melalui kerangka belajar mendalam PyTorch yang dipercepat dengan cuDNN dan didukung oleh serangkaian Tesla V100 GPU.

Ini tentu untuk membuat model prediksi yang dapat secara akurat menafsirkan dan memprediksi gerakan dalam urutan video dan menghasilkan pilihan frame halus, untuk mengurangi kecepatan pemutaran tanpa menyebabkan gerakan kaku.

BACA JUGA:
Colorful Luncurkan Kartu Grafis iGame GeForce RTX 2080 Ti Kudan

Nvidia tampaknya selalu mencari cara baru untuk menunjukkan kekuatan GPU-nya dalam skenario pembelajaran yang jauh mendalam, dan demo terbaru perusahaan tersebut benar-benar menarik perhatian dunia.

Nvidia berhasil menunjukan metode untuk membuat video gerak lambat berkualitas tinggi dari bahan sumber dengan framerate rendah untuk membuat nuansa slow motion video jauh lebih indah dengan menggunakan jaringan saraf yang terlatih.

Mereka mengatakan bahwa ini bisa dikatakan sebagai sistem video Super SloMo, dimana ini didukung oleh AI Nvidia yang dapat menganalisis frame video yang ada dari sumber dengan nilai Fps sekitar 30 (atau lebih baik).

BACA JUGA:
Colorful Luncurkan Kartu Grafis iGame GeForce RTX 2080 Ti Kudan

Kemudian dengan teknologi terbaru tersebut, ia bisa secara otomatis menghasilkan bingkai untuk mengisi celah dalam menghasilkan video gerak lambat yang jauh lebih halus.

Baca Juga: Upgrade Signifikan, Chipset Jeston Xavier SoC Ditanamkan di Robot Nvidia Isaac

Peneliti Nvidia juga menunjukkan bahwa sistem AI-nya diklaim dapat meningkatkan framerate dari video gerakan lambat yang ada untuk mengurangi kecepatan pemutarannya lebih jauh. Tim ini mendorong beberapa video klip gerak lambat dari saluran Youtube The Slow Mo Guys melalui sistem gerak lambat AI untuk membuat klip video ultra-slow-motion yang mempertahankan detail dan kelancaran klip asli.