Jakarta, Selular.ID – Pencarian di web dengan teks sudah ketinggalan zaman. Sejak tahun lalu, pengguna internet sudah bisa mencari informasi melalui image. Cukup masukkan gambar atau jepret foto baru sebuah objek dari kamera smartphone l, maka mesin pencarian akan menampilkan infofmasi mengenai objek tersebut.

Sejumlah aplikasi bertebaran untuk membantu Anda, dan biasanya mereka mengutamakan hal-hal tertentu. Misalnya aplikasi CamFind untuk menemukan barang sejenis, eBay untuk mencari barang langka, Amazon Mobile untuk mengetahui harga barang, atau Pinterest untuk mengetahui informasi barang.

BACA JUGA:
Windows Phone Tamat, Microsoft Imbau Pengguna Beralih ke Android atau iOS

Raksasa internet Google juga sudah menyediakan fitur pencarian visual di mesin web mereka. Sekarang, Microsoft tidak akan membiarkan Google bermain sendirian.

Raksasa teknologi Microsoft baru saja memperkenalkan fitur Pencarian Visual ke browser Bing yang menggunakan kamera smartphone Anda (baik bidikan baru atau dari rol kamera Anda) untuk mengidentifikasi objek dan melayani tautan yang terkait dengan apa yang Anda perlihatkan.

BACA JUGA:
Microsoft Office Tampil Lebih Fresh, Ini Perubahannya

Jepret gambar pemandangan dan Anda mungkin mendapatkan info perjalanan, misalnya.

Tentu saja, Microsoft juga menargetkan konsumen belanja online: cari pakaian atau perabotan rumah dan Anda akan mendapatkan harga dan lokasi belanja.

Pencarian Visual dari Bing baru tersedia di AS saat ini jika Anda menggunakan aplikasi Bing di Android dan iOS, Microsoft Launcher untuk Android, dan browser Edge untuk Android.

BACA JUGA:
Windows 10 Akan Didukung Fitur Anti Sadap Suara

Bing Visual Search juga akan tersedia dalam waktu dekat di Edge untuk iOS dan juga situs Bing.

Meski bisa dibilang terlambat dan tidak secanggih pengenalan gambar langsung, tetapi tidak juga bila dibandingkan antara sesama raksasa pencarian. Persaingan yang lebih ketat pada akhirnya menguntungkan bagi semua orang.