Jumat, Oktober 30, 2020
Beranda Tips Mengenal Kondisi Bootloop pada Ponsel Android

Mengenal Kondisi Bootloop pada Ponsel Android

-

Jakarta,Selular.ID – Bootloop merupakan kondisi dimana ponsel tidak dapat melakukan start awal/proses masuk kedalam sistem operasi. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya logo android/merk ponsel secara berulang-ulang.

Kondisi bootloop dapat dikategorikan menjadi tiga bagian, diantaranya; bootloop ringan, bootloop sedang, dan bootloop “parah”. Masing-masing kondisi memilki tingkat kesulitan untuk menanganinya.

Bootloop ringan

Kondisi ini ditandai dengan hp yang tiba-tiba merestart sendiri. Pada saat proses boooting masih bisa masuk ke sistem operasi, namun setelah beberapa detik di homescreen, hp mengalami hang dan terjadi booting ulang/restart.

Bootloop sedang

Kondiisi ini hampir mirip dengan bootloop ringan, dimana ponsel hanya menampilkan logo Android/logo animasi pada saat booting. Biasanya dalam kondisi ini, ponsel masih bisa masuk hanya ke menu saja. Kadang juga terjadi restart sendiri.

Bootloop “parah”

Sesuai namanya, kondisi ponsel tidak dapat memasuki menu, hanya stuck di logo saja pada saat booting.

Lantas, apa saja penyebab terjadinya bootloop pada ponsel?  Ada banyak faktor yang menyebabkan smartphone Android bootlop, diantaranya;

  • Modifikasi sistem yang berlebihan
  • Kesalahan dalam prosesi flashing ROM
  • Menggunakan ROM yang tidak tepat
  • Overcloking CPU

Selain faktor crashing pada sistem operasi, komponen perangkat kerasnya pun tidak terlepas dari faktor peyebab terjadinya bootloop. Salah satu komponen yang berperan penting dalam pengaturan sistem operasi pada smartphone ialah IC Flash.

Bila IC Flash sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, maka smartphone tidak akan bisa me-load sistem operasi. Rusaknya IC Flash ini sangat mudah ditebak.

Jika smartphone masih bisa masuk ke dalam sistem operasi tapi sering keluar peringatan “Google services stop working” atau “Layanan Google tiba-tiba terhenti” kemudian kita flash ulang atau reset smartphone, tapi peringatan tersebut masih muncul dan seluruh data tidak terhapus.

Lalu, bagaimana cara mengatasi Android Bootloop? Kalian hanya perlu me-reset ponsel tersebut ke data pabrik melalui CWM.

Masuklah ke CWM dengan menekan dan menahan kombinasi tombol power dan volume up. Perlu diperhatikan, langkah-langkah untuk masuk ke menu CWM berbeda disetiap merk smartphone.

Jika cara diatas tidak berhasil, lakukan proses flashing ulang ROM. Setiap perangkat memiliki cara yang berbeda. Disarankan agar melakukannya didampingi oleh profesional. Sekian, semoga bermanfaat!

Artikel lainnya:

5 Cara Percepat Proses Charging Smarphone

Lakukan Tips Ini Sebelum Membeli Smartphone

4 Tips Ampuh Tingkatkan Performa Smartphone

Mudik Kian Asik dengan Smartphone, Ikuti 5 Tips Berikut

 

Latest