Tuesday, December 10, 2019
Home News Ini Teknologi yang Digunakan Pada Bola Piala Dunia 2018

Ini Teknologi yang Digunakan Pada Bola Piala Dunia 2018

-

Jakarta, Selular.ID – Ajang Piala Dunia 2018 yang tengah berlangsung di Rusia mulai 14 Juni hingga 15 Juli mendatang memang tidak lepas dari penerapan teknologi di dalamnya. Salah satunya bola yang digunakan dalam Piala Dunia 2018 yakni Adidas Telstar 18.

Dilansir Financial Express, nama Telstar sendiri terinspirasi dari satelit Telstar 1962 yang masih beroperasi hingga kini.

Diharapkan Telstar 18 ini berfungsi sama dengan satelit Telstar untuk menyebarkan informasi seputar Piala Dunia 2018.

Telstar 18 bukan bola pertama yang memiliki sejumlah teknologi. Sebelumnya, di Piala Dunia 1970 silam yang digelar di Meksiko, diciptakan bola hitam putih pertama yang dirancang khusus untuk visibilitas yang lebih baik di layar TV monokrom.

Perbandingan Telstar 18 dengan bola Piala Dunia Hitam Putih

Baca juga : 6 Teknologi yang Digunakan Piala Dunia 2018

Adidas membenamkan chip NFC pada Telstar 18. Chip NFC pada Adidas Telstar 18 memungkinkan pemirsa berinteraksi dengan bola melalui smartphone.

Dibenamkan pula koneksi Wi-Fi pada bola pintar ini untuk memberikan informasi kepada penonton. Pada interaksi, bola pintar ini menghasilkan pengenal unik, kompetisi khusus serta membuka konten eksklusif dan informasi tentang Piala Dunia 2018.

Melalui bola tersebut, Anda dapat mengabadikan momen pertandingan seru dengan fitur video recording. Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Addidas menggunakan teknologi serupa.

Teknologi serupa juga digunakan MiCoach Smart Ball yang dirancang untuk membantu para pelatih memantau kinerja.

Baca juga : Wi-Fi Publik di Piala Dunia 2018 Punya Masalah Keamanan

Telstar 18 juga didukung kemampuan seperti kekuatan tembakan, kecepatan bola bahkan menyajikan informasi menarik seputar Piala Dunia 2018.

Namun, para peneliti menemukan sejumlah kekurangan pada Telstar 18 seperti resistensi saat terbang di udara. Menurut para peneliti kemampuan terbang di udara Telstar 18 jauh lebih lambat dibandingkan bola pendahulunya yakni Adidas Brazuca yang digunakan pada Piala Dunia 2014 di Brazil.

Jarak yang ditempuh Telstar 18 lebih pendek lebih sekitar 8% hingga 10% lebih rendah daripada Brazuca ketika ditendang dengan kecepatan tinggi lebih dari 90 kilometer (56 mil) per jam.

Tentunya ini akan menyulitkan bagi para pemain, khususnya striker dalam menggiring si kulit bundar. Striker harus mengeluarkan tenaga extra ketika menendang bola dan memasukan ke gawang lawan.

Baca juga : Meriahkan Piala Dunia 2018, Traveloka Gelar Nobar di 100 Kota

Seperti Brazuca, Telstar 18 memiliki enam panel. Namun, panel ini dibentuk berbeda dan lapisan yang menyatukannya 30 persen lebih panjang daripada Brazuca, meskipun juga lebih sempit dan lebih dangkal.

Telstar 18 dijual secara bebas di toko-toko ritel Adidas dan online dengan harga USD165 atau setara Rp2,4 juta.

Latest